Nasehat Abu Muhammad Almaqdisi (2)

Amal Jama’i

Orang yang bergerak dengan amal jama’i akan bergerak dengan tenang, rapi, berkesinambungan dan tidak terpengaruh oleh gangguan kondisi dan perubahan keadaan.

Pada jaman ini kita menderita karena krisis amal jama’i. Alangkah susahnya menemukan mereka yang serius dan tenang tanpa banyak omong, yang berjalan terus secara terarah, tidak goyah dan tidak mudah terpengaruh.

Kelompok yang penuh berkah itu terprogram dengan proyeknya. Selama beberapa tahun mereka tidak melenceng dari tujuan yang digariskan. Mereka berhati-hati dan mengekang lidah dari banyak bicara.

Mereka terus berlatih walaupun kondisi dunia terus berubah sampai tujuannnya tercapai. Semua itu jarang ditemui dalam amal jama’i di jaman ini. Hal-hal itu wajib diperhatikan oleh para mujahid yang bekerja demi kejayaan din ini.

Orang yang pernah terjun ke medan jihad dan dakwah dan berinteraksi dengan berbagai jamaah tentu mengetahui kekurangan kita. Kita tidak pernah kekurangan orang-orang yang berani, sholih, taqwa dan waro’ yang siap mengorbankan dirinya di jalan Alloh. Akan tetapi bukan dengan sifat itu saja din ini dimenangkan. Kita bisa bergerak dan mencapai tujuan bila melakukannya lewat amal jama’i.

Mereka mujahid tapi salah langkah, Abu Muhammad Almaqdisi hal 63