Hukum Merubah (17)

Persepsi

Pandangan sebagian orang mengatakan bahwa pesantren identik dengan penyakit gatal, santrinya kolot tidak tahu perkembangan jaman. Yang mereka ketahui hanyalah kitab-kitab kuning.

Tidak sedikit orang takut dengan orang batak karena sifatnya yang kasar, penampilan yang menakutkan dan lainnya. Padahal betapa banyak di antara mereka dikenal dengan kelemah lembutannya melebihi halus budi orang Solo.
Tak jarang orang Arab disebut sebagai si pelit. Tuduhan itu ada hanya gara-gara didapati segelintir pedagang Arab yang sudah menjadi warga negara Indonesia yang kaku dalam transaksi jual beli, tidak mau ditawar sementara barang yang dijual berharga mahal.

Itulah persepsi sebagian orang terhadap daerah atau kelompok tertentu yang barangkali tidak semuanya benar. Manakala itu sudah terlanjur melekat pada pihak tertentu maka sudah seharusnya yang bersangkutan merubah pandangan buruk tersebut dengan pandangan lain.

Yusuf alaihissalam yang terfitnah akibat ulah Zulaikha yang menyeretnya hidup di penjara, di saat akan dikeluarkan karena sumbangsihnya sangat diperlukan guna mengungkap mimpi raja yang aneh, maka Yusuf memberi syarat agar nama baiknya dipulihkan. Kisah ini diabadikan oleh Alloh surat yusuf ayat 50 hingga 52

Di saat keluarga rosululloh shollallohu alaihi wasallam diguncang dengan isu perselingkuhan antara Aisyah rodliyallohu anha dengan Sufyan bin Muathol rodliyallohu anhu yang sengaja dihembuskan orang-orang munafiq, Alloh turunkan pembelaan kepada keduanya sehingga nama baik keduanya bersih kembali pulih. Alloh bentangkan surat annur dari ayat 11-26 khusus berkenaan tentang pembelaan kepada keduanya. Sementara hukum cambuk 80 kali ditetapkan kepada 3 orang yang ikut menyebarkan berita bohong : Hamnah binti Jahsyi, Misthoh bin Utsatsah, Hasan Bin Tsabit.