Antara Aljannah Dan Annar



Keduanya adalah daarul jaza’ (kampung balasan). Penghuni annar tentu lebih banyak dari ahluljannah. Aljannah tempat dimana orang beriman mendapat puncak kebahagiaan yang tidak pernah berakhir. Annar tempat dimana orang kafir mengalami puncak kesengsaraan yang tidak berakhir, meski tidak sedikit orang beriman untuk sementara menempatinya sebagai balasan atas perbuatan maksiatnya yang kemudian akan meninggalkannya dan bergabung dengan orang beriman yang telah dulu menghuni aljannah.

Malaikat Ridlwan sangat ramah kepada ahluljannah, sementara malaikat penjaga neraka memiliki sifat bengis dan kejam sesuai yang dikehendaki Alloh. Yang menarik dari pembahasan ini adalah ternyata aljannah dan annar berdialog untuk membicarakan perihal penghuninya masing-masing :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْتَجَّتْ النَّارُ وَالْجَنَّةُ فَقَالَتْ هَذِهِ يَدْخُلُنِي الْجَبَّارُونَ وَالْمُتَكَبِّرُونَ وَقَالَتْ هَذِهِ يَدْخُلُنِي الضُّعَفَاءُ وَالْمَسَاكِينُ فَقَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لِهَذِهِ أَنْتِ عَذَابِي أُعَذِّبُ بِكِ مَنْ أَشَاءُ وَرُبَّمَا قَالَ أُصِيبُ بِكِ مَنْ أَشَاءُ وَقَالَ لِهَذِهِ أَنْتِ رَحْمَتِي أَرْحَمُ بِكِ مَنْ أَشَاءُ وَلِكُلِّ وَاحِدَةٍ مِنْكُمَا مِلْؤُهَا

Dari Abu Hurairah berkata : Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda : aljannah dan annar berbantah-bantahan. Annar berkata : Orang-orang congkak dan sombong memasukiku. Aljannah berkata : Orang-orang lemah dan orang-orang miskin memasukiku. Lalu Allah berfirman kepada annar : Kau adalah siksaKu, denganmu Aku menyiksa siapa pun yang Aku kehendaki. -mungkin beliau bersabda : Denganmu, Aku menimpakan (adzab) pada siapa saja yang Aku kehendaki. Dan Allah berfirman kepada aljannah : Kau adalah rahmatKu, denganmu Aku merahmati siapa saja yang Aku kehendaki dan masing-masing dari kalian berdua berisi penuh [HR Muslim]