Antara Maulid nabi Dan Natal



Hari lahirnya nabi Isa tiap tahunnya diperingati. Tak jauh beda, umat islampun merayakan hari kelahiran nabinya dengan maulid nabi. Kedua acara ini ada kemiripan dan ada juga perbedaannya, di antaranya :

1. Diperselisihkan waktu tepatnya

Kaum nasrani meyakini bahwa tanggal 25 desember adalah hari lahir yesus kristus. Ternyata setelah diteliti tanggal ini adalah fiktif dikarang oleh pendeta menyesuaikan dengan perayaan dewa matahari di Italy. Sementara tanggal 12 robiul awwal juga banyak diragukan oleh para ulama. Syaikh Shoifurrohman Almubarokfuri menyebut tanggal 9 robiul awwal.

2. Pelaksanaan acara yang tidak serempak

Kaum nasrani merayakan hari raya natal serempak tanggal 25 desember. Hal ini berbeda dengan umat islam yang merayakannya dengan tanggal berbeda. Sering kita jumpai mereka merayakannya sudah melewati dari bulan robiul awwal.

3. Tidak ada anjuran dari kedua nabi untuk merayakan hari kelahirannya

Rosululloh mengingatkan kita :

لا تطروني كما أطرت النصارى عيسى بن مريم، إنما أنا عبد، فقولوا عبد الله ورسوله

Janganlah kalian berlebih-lebihan dalam memujiku, sebagaimana orang-orang Nasrani berlebih-lebihan dalam memuji Isa bin Maryam. Aku hanyalah seorang hamba, maka katakanlah : Abdullah (hamba Allah) dan Rasulullah (Utusan Allah) [HR. Bukhori dan Muslim]

Maroji’ :

Arrohiq almakhthum, Syaikh Shoifurrhman Almubarokfuri hal 73