Antara Surat Al Anfal Dan Attaubah


Kedua surat ini berurutan tempatnya dalam alquran. Al anfal di nomor urut kedelapan dan attaubah di nomor kesembilan. Pembahasan di kedua surat itu terdapat kemiripan. Semuanya berkisar perang. Yang sedikit berbeda adalah surat attaubah lebih tegas dan keras dan banyak menguak profil orang munafiq terutama keengganan mereka untuk ikut andil dalam jihad fisabilillah.

Yang menjadi masalah adalah kenapa di surat attaubah tidak tercantum lafadz basmallah di dalamnya ? Para ulama mencoba untuk mengungkap rahasia di dalamnya. Beberapa pendapat dirangkum oleh imam Alqurthubi, diantaranya :

Pertama

Pada masa jahiliyyah, masyarakat Arab bila mengadakan perjanjian dan merencanakan suatu saat untuk membatalkannya maka mereka meniadakan pencantuman lafadz basmallah.

Kedua

Sebagaimana yang dituturkan sendiri oleh Utsman bin Affan :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قُلْتُ لِعُثْمَانَ مَا حَمَلَكُمْ عَلَى أَنْ عَمَدْتُمْ إِلَى سُورَةِ الْأَنْفَالِ وَهِيَ مِنْ الْمَثَانِي وَإِلَى سُورَةِ بَرَاءَةٌ وَهِيَ مِنْ الْمِئِينَ فَقَرَنْتُمْ بَيْنَهُمَا وَلَمْ تَكْتُبُوا بَيْنَهُمَا سَطْرَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فَوَضَعْتُمُوهَا فِي السَّبْعِ الطِّوَالِ فَمَا حَمَلَكُمْ عَلَى ذَلِكَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِمَّا يَأْتِي عَلَيْهِ الزَّمَانُ وَهُوَ يُنْزَلُ عَلَيْهِ مِنْ السُّوَرِ ذَوَاتِ الْعَدَدِ فَكَانَ إِذَا أُنْزِلَ عَلَيْهِ الشَّيْءُ دَعَا بَعْضَ مَنْ يَكْتُبُ لَهُ فَيَقُولُ ضَعُوا هَذِهِ فِي السُّورَةِ الَّتِي يُذْكَرُ فِيهَا كَذَا وَكَذَا وَإِذَا أُنْزِلَتْ عَلَيْهِ الْآيَاتُ قَالَ ضَعُوا هَذِهِ الْآيَاتِ فِي السُّورَةِ الَّتِي يُذْكَرُ فِيهَا كَذَا وَكَذَا وَإِذَا أُنْزِلَتْ عَلَيْهِ الْآيَةُ قَالَ ضَعُوا هَذِهِ الْآيَةَ فِي السُّورَةِ الَّتِي يُذْكَرُ فِيهَا كَذَا وَكَذَا وَكَانَتْ سُورَةُ الْأَنْفَالِ مِنْ أَوَائِلِ مَا نَزَلَ بِالْمَدِينَةِ وَكَانَتْ سُورَةُ بَرَاءَةٌ مِنْ أَوَاخِرِ مَا أُنْزِلَ مِنْ الْقُرْآنِ قَالَ فَكَانَتْ قِصَّتُهَا شَبِيهًا بِقِصَّتِهَا فَظَنَنَّا أَنَّهَا مِنْهَا وَقُبِضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يُبَيِّنْ لَنَا أَنَّهَا مِنْهَا فَمِنْ أَجْلِ ذَلِكَ قَرَنْتُ بَيْنَهُمَا وَلَمْ أَكْتُبْ بَيْنَهُمَا سَطْرَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ وَوَضَعْتُهَا فِي السَّبْعِ الطِّوَالِ

Dari Ibnu Abbas dia berkata; aku bertanya kepada Utsman ; Apa yang mendorong kalian menyandarkan surat Al Anfal yang merupakan surat Al Matsani (surat yang terdiri dari puluhan ayat) kepada surat Bara'ah (surat At Taubah) yang termasuk surat Al Mi`in (surat yang terdiri dari ratusan ayat), kemudian kalian membaca keduanya dan tidak menulis pemisah diantara keduanya dengan Bismillahirrahmanirrahim, lalu kalian meletakkannya termasuk ke dalam As Sab'u Ath Thiwal (tujuh surat yang panjang), apa alasan yang mendorong kalian melakukan demikian ? Utsman menjawab ; Pada suatu waktu turunlah surat yang memiliki banyak ayat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan kebiasaan beliau apabila diturunkan wahyu kepadanya beliau memanggil sebagian sahabat juru tulisnya, lalu beliau bersabda : Letakkan ayat ini dalam surat yang di dalamnya disebutkan begini dan begini. Dan apabila turun beberapa ayat kepadanya beliau bersabda : Letakkanlah ayat ayat ini dalam surat yang di dalamnya disebutkan begini dan begini. Apabila turun satu ayat kepadanya, maka beliau bersabda : Letakkanlah ayat ini dalam surat yang disebutkan di dalamnya begini dan begini. Surat Al Anfal merupakan salah satu surat yang pertama kali diturunkan di Madinah, sedangkan surat Bara'ah merupakan salah satu surat Al Qur'an yang terakhir kali diturunkan, Utsman berkata ; Cerita yang terdapat di akhir surat Al Anfal mirip dengan dengan cerita yang ada di awal surat Bara'ah, kami mengira bahwa dia (surat Al Anfal) adalah bagian darinya (surat Bara'ah). Hingga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat dan beliau belum menjelaskan kepada kami bahwa dia (surat Al Anfal) adalah bagian darinya (surat Bara'ah), oleh karena itu, aku menyertakan antara keduanya dan tidak menulis; Bismillahirrahmanirrahim sebagai pemisah antara keduanya dan aku meletakkannya termasuk ke dalam As Sab'u Ath Thiwal. [HR Ahmad]

Ketiga

Surat al anfal dan attaubah serupa dengan surat albaqoroh sehingga tidak ditulis antara keduanya lafadz basmallah.

Keempat

Adanya pendapat di kalangan para sahabat bahwa al anfal dan attaubah adalah satu surat.

Kelima

Surat attaubah identik dengan pedang. Di dalamnya tidak ada perintah kasih sayang. Karena di dalam lafadz basmallah terdapat perintah kasih sayang maka basmallah tidak dicantumkan.

Maroji’ :

Aljami’ Liahkamil Quran, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al anshori Alqurthubi 8/61