Antara I’tikaf Kita Dengan I’tikaf Rosululloh shollallohu alaihi wasallam

Ibnul Qoyyim menerangkan bahwa rosululloh shollallohu alaihi wasallam bertemu dengan bulan romadlon sebanyak sembilan kali. Kesemuanya beliau lalui dengan i’tikaf di penghujung bulan. Hanya sekali beliau absen dari i’tikafnya. Itupun beliau qodlo pada bulan syawal. Pada tahun terakhir usia beliau, i’tikaf yang beliau laksanakan sebanyak dua puluh hari.
Muhammad seorang nabi, panglima perang, pimpinan umat di Madinah dan beristrikan sembilan orang. Sesibuk itu tidak menghalangi beliau untuk menunaikan i’tikaf. Bagaimana dengan kita ? Kita bukanlah panglima perang, bukan pula ketua RT dan istri kita hanya satu. Sungguh aneh manakala belum tercatat dalam sejarah “ kita pernah menunaikan i’tikaf “
Bila sibuk dijadikan alasan, bukankah rosululloh shollallohu alaihi wasallam lebih sibuk dari kita ? Ketika status karyawan dijadikan alasan, bukankah di setiap kantor ada fasilitas cuti ? Alangkah baiknya bila sesekali cuti dimanfaatkan untuk i’tikaf bukan untuk jalan-jalan bersama keluarga. Cukup sekali saja di umur hidup anda.
Maroji’ :
Zadul Ma’ad, Ibnu Qoyyim 1/251 dan 279