Antara Ruku’ Kita dengan Ruku’ Nabi Shollallohu Alaihi Wasallam

Ada orang yang menunaikan sholat begitu cepat. Sholat dzuhur yang empat rokaat diselesaikannya kurang dari dua menit. Bisa saja itu dilakukannya karena terburu-buru dengan jadwal pesawat yang mepet atau itu memang sudah karakter hariannya, wal iyaadzubillaah ! Celakanya bila ditanyakan kepadanya “ Kenapa secepat itu sholat yang ia kerjakan ? Ia menjawab “ Saya sudah berpengalaman sholat selama tiga puluh tahun ! “. Berpengalaman menyetir mobil berpuluh tahun menyebabkan seseorang bisa ngebut adalah wajar, akan tetapi jika diqiyaskan dengan sholat tentu tidak akan sesuai. Justru semakin lama pengalaman seseorang terhadap sholatnya, tentu akan semakin khusyu dan tenang saat ia menghadap Alloh.
Sebagai perbandingan mari kita perhatikan bagaaimana rosululloh shollallohu alaihi wasallam menunaikan sholatnya :
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى فَقُلْتُ يَرْكَعُ بِهَا ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ
Dari Hudzaifah ia berkata; Pada suatu malam, saya shalat (Qiyamul Lail) bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau mulai membaca surat Al Baqarah. Kemudian saya pun berkata (dalam hati bahwa beliau) akan ruku' pada ayat yang ke seratus. Kemudian (seratus ayat pun) berlalu, lalu saya berkata (dalam hati bahwa) beliau akan shalat dengan (surat itu) dalam satu raka'at. Namun (surat Al Baqarah pun) berlalu, maka saya berkata (dalam hati bahwa) beliau akan segera sujud. Ternyata beliau melanjutkan dengan mulai membaca surat An Nisa` hingga selesai membacanya. Kemudian beliau melanjutkan ke surat Ali Imran hingga selesai hingga beliau selesai membacanya. Bila beliau membaca ayat tasbih, beliau bertasbih dan bila beliau membaca ayat yang memerintahkan untuk memohon, beliau memohon, dan bila beliau membaca ayat ta'awwudz (ayat yang memerintahkan untuk memohon perlindungan) beliau memohon perlindungan. Kemudian beliau ruku'. Dalam ruku', beliau membaca : SUBHAANA RABBIYAL 'AZHIIM (Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung). Dan lama beliau ruku' hampir sama dengan berdirinya. Kemudian beliau membaca : SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH (Maha Mendengar Allah akan orang yang memuji-Nya). Kemudian beliau berdiri dan lamanya berdiri lebih kurang sama dengan lamanya ruku'. Sesudah itu beliau sujud, dan dalam sujud beliau membaca: SUBHAANA RABBIYAL A'LAA (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi). Lama beliau sujud hampir sama dengan lamanya berdiri. Sementara di dalam hadits Jarir terdapat tambahan; Beliau membaca : SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH RABBANAA LAKAL HAMDU (Allah Maha Mendengar akan orang yang memuji-Nya, Ya Tuhan kami bagi-Mu segala puji [HR Muslim dan Nasa’i]
Berdasar hadits di atas, kita mendapat faedah yang berharga tentang sholat rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Beliau laksanakan begitu panjang. Terbukti rokaat pertama beliau membaca albaqoroh, annisa dan ali imron. Panjangnya surat merembet kepada pelaksanaan ruku dan sujudnya.
Lamanya beliau menunaikan sholat diiringi dengan penghayatan terhadap apa yang beliau baca, sebagaimana perkataan Khudzaifah “ Bila beliau membaca ayat tasbih, beliau bertasbih dan bila beliau membaca ayat yang memerintahkan untuk memohon, beliau memohon, dan bila beliau membaca ayat ta'awwudz (ayat yang memerintahkan untuk memohon perlindungan) beliau memohon perlindungan “
Mengomentari hadits di atas, Imam Nawawi berkata :
وفيه استحباب تطويل صلاة الليل
Diajurkannya memanjangkan  pelaksanaan sholat malam
Maroji’ :
Syarh Shohih Muslim, Imam Nawawi 6/67