Rumah Modern

                                                                Albait Dalam Alquran (39)
Di kota-kota besar, dengan mudah kita mendapatkan gedung-gedung pencakar langit yang memiliki berpuluh-puluh lantai. Untuk menaikinya perlu tangga atau lift. Rupanya pemandangan ini sudah Alloh berikan sinyal di dalam alquran :
وَلَوْلَا أَنْ يَكُونَ النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً لَجَعَلْنَا لِمَنْ يَكْفُرُ بِالرَّحْمَنِ لِبُيُوتِهِمْ سُقُفًا مِنْ فِضَّةٍ وَمَعَارِجَ عَلَيْهَا يَظْهَرُونَ وَلِبُيُوتِهِمْ أَبْوَابًا وَسُرُرًا عَلَيْهَا يَتَّكِئُونَ وَزُخْرُفًا وَإِنْ كُلُّ ذَلِكَ لَمَّا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْآَخِرَةُ عِنْدَ رَبِّكَ لِلْمُتَّقِينَ
33. dan Sekiranya bukan karena hendak menghindari manusia menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), tentulah Kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada Tuhan yang Maha Pemurah loteng- loteng perak bagi rumah mereka dan (juga) tangga-tangga (perak) yang mereka menaikinya.
34. dan (kami buatkan pula) pintu-pintu (perak) bagi rumah-rumah mereka dan (begitu pula) dipan-dipan yang mereka bertelekan atasnya.
35. dan (kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan (dari emas untuk mereka). dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, dan kehidupan akhirat itu di sisi Tuhanmu adalah bagi orang-orang yang bertakwa  [azzukhruf : 33-34]
Syaikh Sa’dun Jum’ah Hamadi Alhalbusi berkata : sesungguhnya salah satu rahasia dan relevansi alquran adalah bahwa alquran memberitakan sesuatu yang belum terjadi yang akhirnya benar-benar menjadikan kenyataan. Kata “ma’arija (tangga-tangga pada rumah bertingkat)” adalah bukti jelas akan kebenaran alquran. Ayat ini diturunkan pada masa lalu saat manusia hidup di rumah-rumah yang terbuat dari bulu, kayu dan rerumputan. Saat ini, dari jarak dekat atau jauh akan kelihatan gedung pencakar langit beserta lift yang mana manusia bisa naik hingga lantai keseratus dalam waktu singkat. Dari sini semakin nampak jelas akan rahasia firman Alloh “ wamaarija ‘alaihaa yathharuun “(dan (juga) tangga-tangga (perak) yang mereka menaikinya). Apakah ada bayangan bahwa akan ada orang yang naik hingga tangga keseratus seperti itu sebelum ditemukannya listrik dan lift ?
Maroji’ :
Albuyut Fil Quranil Kariim, Sa’dun Jum’ah Hamadi Alhalbusi hal 331