Aturan Bagi Seksi Konsumsi

(Islam Mengatur Urusan Dunia)
Dalam sebuah rapat, pertemuan keluarga, reuni sekolah, kegiatan dauroh dan sebagainya tentu disediakan makanan bagi para peserta. Orang yang diserahi untuk mengurusi kebutuhan ini sering disebut dengan seksi konsumsi.
Tak jarang yang masuk ke dalam bagian ini melakukan pelanggaran syar’i. Mereka makan terlebih dahulu. Padahal islam memiliki peraturan bahwa seksi konsumsi adalah kelompok yang terakhir makan. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
عن أبي قتادة رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم قال ساقي القوم آخرهم يعني شرباً رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ
Dari Abu Qotadah rodliyallohu anhu dari nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : bagian yang melayani air minum bagi satu kaum, dialah yang terakhir kalinya minum  [HR Tirmidzi]
Di bawah ini adalah sebuah riwayat yang membuktikan kaedah tersebut di atas
وعن أبي هريرة رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ قال والله الذي لا إله إلا هو إن كنت لأعتمد بكبدي على الأرض من الجوع، وإن كنت لأشد الحجر على بطني من الجوع. ولقد قعدت يوماً على طريقهم الذي يخرجون منه فمر بي النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم فتبسم حين رآني وعرف ما في وجهي وما في نفسي، ثم قال أبا هر  قلت لبيك يا رَسُول اللَّهِ. قال الحق ومضى فاتبعته، فدخل فاستأذن فأذن لي. فدخلت فوجد لبناً في قدح فقال  من أين هذا اللبن ؟  قالوا أهداه لك فلان أو فلانة. قال أبا هر قلت لبيك يا رَسُول اللَّهِ قال الحق إلى أهل الصفة فادعهم لي قال وأهل الصفة أضياف الإسلام لا يأوون على أهل ولا مال ولا على أحد، إذا أتته صدقة بعث بها إليهم ولم يتناول منها شيئاً، وإذا أتته هدية أرسل إليهم وأصاب منها وأشركهم فيها. فساءني ذلك فقلت وما هذا اللبن في أهل الصفة! كنت أحق أن أصيب من هذا اللبن شربةً أتقوى بها، فإذا جاءوا أمرني فكنت أنا أعطيهم، وما عسى أن يبلغني من هذا اللبن، ولم يكن من طاعة اللَّه وطاعة رسوله صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم بد، فأتيتهم فدعوتهم فأقبلوا فاستأذنوا فأذن لهم وأخذوا مجالسهم من البيت. قال أبا هر قلت لبيك يا رَسُول اللَّهِ. قال خذ فأعطهم قال فأخذت القدح فجعلت أعطيه الرجل فيشرب حتى يروى ثم يرد علي القدح، فأعطيه الرجل فيشرب حتى يروى ثم يرد علي القدح فيشرب حتى يروى ثم يرد علي القدح حتى انتهيت إلى النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم وقد روي القوم كلهم، فأخذ القدح فوضعه على يده فنظر إلي فتبسم فقال أبا هر قلت لبيك يا رَسُول اللَّهِ. قال بقيت أنا وأنت قلت صدقت يا رَسُول اللَّهِ. قال اقعد فاشرب فقعدت فشربت. فقال اشرب فشربت. فما زال يقول اشرب حتى قلت لا والذي بعثك بالحق لا أجد له مسلكاً. قال فأرني فأعطيته القدح فحمد اللَّه تعالى وسمى وشرب الفضلة
Dari Abu Huroiroh rodliyallohu anhu berkata : demi Alloh yang tiada ilah yang berhak diibadahi selain Dia saya sering menekan rongga perut ke tanah karena lapar, sayapun sering mengikat batu di perut karena lapar. Pernah suatu hari saya duduk di pinggir jalan yang biasa dilewati oleh lalu lalang manusia. Nabi shollallohu alaihi wasallam lewat dan tersenyum ketika melihat saya. Beliau tahu tentang apa yang menimpa saya. Beliau bersabda : wahai Abu Hir. Saya menjwab : ada apa wahai rosululloh ? Beliau bersabda : mari ikut aku. Maka saya mengikutinya. Beliau masuk rumah dan saya minta izin masuk, beliaupun memperkenan. Ketika beliau masuk di situ ada semangkuk susu. Beliau bertanya : dari mana susu ini ? Mereka keluarga beliau menjawab : si fulan menghadiahkan buat anda. Beliau bersabda : wahai Abu Hir. Saya menjawab : ada apa wahai rosululloh ? Temuilah ahlu suffah dan panggil mereka ke mari. Abu Huroiroh berkata : ahlu suffah adalah tamu-tamu islam dimana mereka tidak memiliki keluarga, harta dan saudara. Bila beliau mendapatkan sedekah maka beliau mengirimkannya buat mereka dan beliau tidak mengambilnya sedikitpun dan beliau bila mendapatkan hadiah maka beliau mengirimkannya untuk mereka tetapi beliau mengambil sebagian dari hadiah tersebut. Saat itu saya merasa sangat haus dan sangat ingin minum susu. Dalam hati kecil saya berkata : kenapa susu itu diberikan kepada ahlu suffah ? saya adalah lebih pantas minum susu itu agar kekuatan saya pulih. Bila mereka datang niscaya beliau menyuruh saya maka saya akan memberikan susu itu kepada mereka dan kemungkinan besar saya tidak akan mendapatkan bagian dari susu. Akan tetapi yang aku pikir hanya ketaatan kepada Alloh dan rosulNya. Oleh karena itu saya berangkat untuk memanggil mereka. Akhirnya mereka datang dan meminta izin kepada beliau untuk masuk dan beliaupun mengizinkannya. Beliau memanggil : wahai Abu Hir. Saya menjawab : ada apa wahai rosululloh ? Beliau bersabda : ambillah mangkuk itu dan berikan susu itu kepada mereka ! maka saya mengambil mangkuk itu dan saya berikan kepada orang pertama maka ia minum hingga Nampak segar. Mangkuk itu diberikan kepada saya dan sayapun memberikan kepada yang selanjutnya yang akhirnya diminum hingga Nampak mukanya segar. Mangkuk itu dikembalikan kepada saya sehingga akhirnya giliran rosululloh shollallohu alaihi wasallam dimana mereka sudah minum semuanya. Kemudian beliau mengambil mangkuk itu dan dipegangnya serta memandang kearah saya dengan tersenyum lantas beliau bersabda : wahai Abu Hir. Saya menjawab : ada apa wahai rosululloh ? beliau bersabda : tinggal aku dan engkau yang belum minum. Saya berkata : benar wahai rosululloh. Beliau bersabda : duduklah dan minumlah ! maka saya duduk dan meminumnya. Beliau bersabda : minumlah lagi ! maka saya meminumnya. Beliau selalu bersabda : minumlah lagi sehingga saya berkata : tidak demi Dzat yang mengutus engkau, tidak ada tempat lagi buat perut saya. Beliau bersabda : berikan padaku ! Maka saya memberikan mangkuk itu kepada beliau lalu beliau memuji Alloh ta’ala dan membaca basmallah serta meminum sisanya  [HR Bukhori]