Nama Yang Mendatangkan Musibah

(aljaza’ min jinsil ‘amal, bukan hukum karma)
Ibnu Qoyyim menerangkan bahwa nama berpengaruh bagi pemiliknya. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam tidak menyukai tempat-tempat yang memiliki nama buruk, beliau juga tidak berkenan untuk melewatinya. Sebagaimana dalam sebagian peperangan, beliau melewati dua buah gunung dan menanyakan nama gunung itu. Para sahabat menjawab : Fadhih (cemar, telanjang, noda) dan Mukhzin (hina), akhirnya beliau berpaling untuk menghindarinya.
Salah satu bukti pengaruh nama bagi pemiliknya adalah tatkala Umar bertemu dengan seseorang dan menanyakan namanya, orang itu menjawab “ Jamroh (bara api) “. Umar bertanya, siapa nama bapakmu ? Ia menjawab “ Syihab (cahaya api, meteor). Umar bertanya, dari siapa anda datang ? Ia menjawab “ Huroqoh (kebakaran). Umar bertanya, di mana rumahmu ? Ia menjawab “ harrotunnar (panasnya api) “. Umar bertanya , di mana tempat tinggalmu ? Ia menjawab “ Dzatu Ladzo (api, neraka).
Luar biasa, semua penamaan identik dengan panas yang membuat Umar bin Khothob keheranan sehingga ia memerintahkan kepada orang itu “ Pergilah, sungguh tempat tinggalmu terbakar ! “ Orang itupun segera pergi dan ia mendapati rumahnya sudah hangus terbakar sesuai perkataan Umar.
Inilas balasan setimpal bagi orang yang ceroboh memberi nama.
Maroji’ :
Zadul Ma’ad, Ibnu Qoyyim Aljauziyyah 2/4