Jadi Presiden Kudu Pinter Dan Sehat

(Islam Mengatur Urusan Dunia)
Barangkali kita pernah mendengar calon kepala daerah dan calon presiden ditolak karena faktor fisik yang lemah dan mengidap penyakit berat ? Demikian juga wacana presiden harus memiliki ijazah minimal sarjana ? Memiliki disiplin ilmu dan berwawasan dan didukung dengan penampilan fisik yang kuat adalah syarat yang mesti dimiliki bagi yang mengemban jabatan.
Alloh menetapkan Tholut sebagai raja dan panglima perang karena memiliki dua kriteria ini sebagaimana yang Alloh firmankan :
وَقَالَ لَهُمْ نَبِيُّهُمْ إِنَّ اللَّهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوتَ مَلِكًا قَالُوا أَنَّى يَكُونُ لَهُ الْمُلْكُ عَلَيْنَا وَنَحْنُ أَحَقُّ بِالْمُلْكِ مِنْهُ وَلَمْ يُؤْتَ سَعَةً مِنَ الْمَالِ قَالَ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهُ بَسْطَةً فِي الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ وَاللَّهُ يُؤْتِي مُلْكَهُ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ  
Nabi mereka mengatakan kepada mereka : Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu. mereka menjawab : Bagaimana Thalut memerintah Kami, Padahal Kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang diapun tidak diberi kekayaan yang cukup banyak ? Nabi (mereka) berkata : Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang Luas dan tubuh yang perkasa. Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha mengetahui  [albaqoroh : 247]
Ayat di atas menerangkan bahwa kendati Tholut adalah orang miskin akan tetapi dialah yang berhak menjadi raja karena dua keistimewaan yang dimilikinya, yaitu : bashthotan fil ‘ilmu (kekuatan ilmu) dan aljismu (jasmani yang kuat dan tampan)
Syaikh Abdurrohman Nashir Assa’di menyatakan bahwa dua syarat inilah yang membuat kesempurnaan seorang pemimpin. Bila salah satu hilang maka akan menjadi rusaklah perkara.
Maroji’ :
Taisir Kalim Arrohman, Syaikh Abdurrohman Nashir Assa’di (maktabah syamilah)