Jangan Minum Banyak Setelah Olahraga !

(Islam Mengatur Urusan Dunia)
Menurut ilmu kesehatan, sangat tidak baik makan setelah malakukan aktifitas olahraga. Minumpun tidak boleh banyak. Sering karena rasa haus yang luar biasa, menyebabkan olaheagawan tidak sabar untuk segera minum sebanyak-banyaknya. Disamping perasaan bahwa cairan tubuh sudah banyak yang hilang menambah semangat untuk terus menambah air masuk mulut. Saran para ahli ternyata sesuai dengan prinsip islam. Alloh berfirman :
فَلَمَّا فَصَلَ طَالُوتُ بِالْجُنُودِ قَالَ إِنَّ اللَّهَ مُبْتَلِيكُمْ بِنَهَرٍ فَمَنْ شَرِبَ مِنْهُ فَلَيْسَ مِنِّي وَمَنْ لَمْ يَطْعَمْهُ فَإِنَّهُ مِنِّي إِلَّا مَنِ اغْتَرَفَ غُرْفَةً بِيَدِهِ فَشَرِبُوا مِنْهُ إِلَّا قَلِيلًا مِنْهُمْ فَلَمَّا جَاوَزَهُ هُوَ وَالَّذِينَ آَمَنُوا مَعَهُ قَالُوا لَا طَاقَةَ لَنَا الْيَوْمَ بِجَالُوتَ وَجُنُودِهِ قَالَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُمْ مُلَاقُو اللَّهِ كَمْ مِنْ فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةً بِإِذْنِ اللَّهِ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ
Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata : Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya; bukanlah ia pengikutku. dan Barangsiapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, Maka Dia adalah pengikutku. kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama Dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata : Tak ada kesanggupan Kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya. orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata : Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. dan Allah beserta orang-orang yang sabar  [albaqoroh : 249]
Ayat ini menerangkan bahwa raja Tholut memberi peraturan kepada para prajuritnya untuk tidak minum air sungai yang jernih saat mereka haus kecuali hanya satu cidukan tangan saja. Rupanya karena rasa haus yang amat sangat akibat perjalanan jauh, menyebabkan pasukan lupa akan intruksi pimpinannya. Merekapun minum ibarat binatang. Akibat perbuatan maksiat tersebut menyebabkan mereka tidak sanggup untuk melanjutkan perjalanan apalagi menghadapi raja Jaluth.
Para pakar menyimpulkan dari ayat ini bahwa minum sedikit saat kehausan setelah melakukan perjalanan jauh adalah cara minum yang sehat. Demikianlah, betapa luas ajaran islam. Masihkah ada orang yang meragukan luasnya syariat agama ini ?