Nabi Shollallohu alaihi wasallam Curi-Curi Pandang

(kontrofersi 13)
Tiga orang sahabat yang tidak ikut serta dalam perang tabuk mendapat hukuman dari rosululloh shollallohu alaihi wasallam berupa hajr. Hajr adalah pemboikotan atau larangan berbicara dengan terhukum. Salah satu dari ketiga orang itu adalah Ka’ab bin Malik.
Meski mendapat hukuman, tidak membuat Ka’ab meninggalkan sholat berjamaah di masjid. Kecintaannya kepada nabi shollallohu alaihi wasallam sama sekali tidak berkurang demikian juga sebaliknya. Ini terbukti dengan pernyataan Ka’ab :
وأما أنا فكنت أشب القوم وأجلدهم فكنت أخرج فأشهد الصلاة وأطوف في الأسواق ولا يكلمني أحد وآتي رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم فأسلم عليه وهو في مجلسه بعد الصلاة فأقول في نفسي هل حرك شفتيه برد السلام أم لا ثم أصلي قريبا مِنْه وأسارقه النظر فإذا أقبلت عَلَى صلاتي نظر إلي وإذا التفت نحوه أعرض عني، حتى إذا طال ذلك علي مِنْ جفوة المسلمين مشيت حتى تسورت جدار حائط
Dari ketiga orang terhukum akulah yang paling muda dan bertenaga. Aku tetap keluar sholat berjamaah bersama kaum muslimin, akupun masuk berkeliling di pasar, akan tetapi tak satupun orang yang mengajakku berbicara. Aku mencoba mendatangi rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Aku ucapkan salam saat beliau berada di majlis setelah sholat. Saat itu aku berkata dalam hati “ Apakah beliau menggerakkan bibirnya, atau tidak ? “ Lalu aku sengaja sholat dekat beliau sambil mencuri pandang kepada beliau. Ketika aku sudah memulai sholat, beliau melihat ke arahku. Dan apabila aku menoleh ke arah beliau, beliaupun segera memalingkan pandangannya …. [HR Bukhori Muslim]
Ini membuktikan bahwa keduanya masih saling mencintai. Karena perintah Allohlah menyebabkan umat islam dilarang untuk berbicara dengan terhukum dalam batas waktu yang hanya Alloh yang tahu. Hingga akhirnya pada hari kelima puluh turunlah pengampunan dari Alloh.