Bertanya Yang Membuat Nabi Marah

(Maksiat Para Sahabat Dan Kesudahannya27)
Dalam sebuah majlis ilmu, nabi shollallohu alaihi wasallam mempersilahkan para sahabat untuk bertanya. Ternyata pertanyaan-pertanyaan yang muncul tidak ada kaitannya dengan ceramah yang beliau sampaikan.
Seorang sahabat bertanya : Wahai rosululloh, siapa nama bapakku ? Beliau menjawab : Bapakmu bernama Abu Khudzafah. Yang lain ada yang bertanya : Ya rosululloh, siapa nama bapakku ? Beliau menjawab : Bapakmu, Salim Maula Syaibah. Umar segera peka melihat keadaan. Tampak di raut nabi shollallohu alaihi wasallam ketidak sukaan dengan lontaran-lontaran para sahabat. Umar segera duduk berlutut di hadapan beliau dan berkata : Ya rosululloh sesungguhnya kami bertaubat kepada Alloh Azza Wajalla. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Umar berkata :
رضينا بالله ربّا وبالإسلام دينا وبمحمد صلى الله عليه وسلم نبيّا
Kami ridlo Alloh sebagai Rob, islam sebagai din dan Muhammad shoolallohu alaihi wasallam sebagai nabi
Imam Bukhori memasukkan hadits di atas ke dalam bab Babul Ghodlob Fil Mauidzoh Watta’lim Idzaa Roaa Maa Yakrohu (Bab Marah Dalam Memberi Nasehat Dan Pelajaran Bila Melihat Apa Yang Tidak Disuka).
Kitapun sebagai ustadz atau guru marah bila menghadapi murid yang bertanya mengada-ngada, tidak penting dan tidak ada kaitannya dengan materi yang sedang kita sampaikan.