(Sujud Dalam Timbangan Aqidah 8)
عن أبي واقد قال: لما قدم معاذ بن جبل
من الشام سجد لرسول الله صلى الله عليه وسلم، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
(ما هذا) فقال: يا رسول الله، قدمت الشام فرأيتهم يسجدون لبطارقتهم وأساقفتهم،
فأردت أن أفعل ذلك بك، قال: (فلا تفعل فإني لو أمرت شيئا أن يسجد لشئ لامرت المرأة
أن تسجد لزوجها لا تؤدي المرأة حق ربها حتى تؤدي حق زوجها حتى لو سألها نفسها وهي
على قتب لم تمنعه).
Dari Abu Waqid, berkata : Ketika Mu’adz bin Jabal tiba dari
Syam, ia segera bersujud di hadapan rosululloh shollallohu alaihi wasallam.
Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Apa ini ? Ia menjawab : Ya
rosululloh, Aku mendatangi negeri Syam lalu aku melihat mereka bersujud di
hadapan panglima dan pembesar. Lalu aku ingin melakukannya untukmu. Beliau
bersabda : Jangan lakukan ! Karena sesungguhnya seandainya aku diperbolehkan
memerintahkan sesuatu untuk bersujud kepada sesuatu yang lain, sungguh aku akan
perintahkan wanita untuk bersujud kepada suaminya. Tidaklah seorang wanita
menunaikan haq Robnya hingga ia tunaikan hak suaminya sampai seandainya sang
suami meminta dirinya saat berada di atas qotab (kursi atau ranjang khusus
untuk melahirkan), ia tidak boleh menolaknya
[HR Ibnu
Majah]
Hadits di atas memberi kita faedah :
a. Niat baik
tertolak bila tidak selaras dengan syariat
Maksud Muadz adalah baik, ingin memberi penghormatan kepada
rosululloh shollallohu alaihi wasallam, tapi beliau menolaknya
b. Larangan
tasyabuh dengan orang kafir
Bersujud di hadapan pembesar adalah budaya kaum Romawi
(Kristen) yang dilarang oleh nabi shollalohu alaihi wasallam untuk dicontoh
c. Sujud hanya
ditujukan kepada Alloh
d. Agungnya
kedudukan suami di hadapan istri