(Fiqih Ragu 23)
Barangsiapa menghadapi dilema dalam satu masalah, semisal
memilih satu diantara dua pilihan yang harus diambil, maka disyariatkan baginya
menunaikan sholat dua rokaat. Sholat ini sering disebut dengan sholat istikhoroh.
Pelaksanaannya sama dengan sholat-sholat lainnya. Bila selesai, disyariatkan
untuk berdoa :
اللهم إني أسْتَخِيركَ بعلمكَ، وأسْتَقْدِرُك
بقدرتكَ، وأسألُكَ من فَضْلك العظيم؛ فإنك تَقْدِر ولا أقْدِر، وتَعْلَمُ ولا
أَعْلَم، وأنت عَلام الغيوب، اللهم إن كنتَ تعلم
هذا الأمر خيرًا لي في دِينِي ومَعاشي وعاقِبة أمري، فاقدُرْهُ لي ويَسِّره
لي وبارك لي فيه، اللهم إن كنتَ
تَعْلَمْهُ شرا لي في ديني ومَعاشي وعاقبة أمري، فاصْرِفْنِي عنه، واصرفه عنِّي،
واقْدُرْ لي الخير حيث كان، ثم رَضِّني به
Syaikh Abu Malik Kamal ibnu Sayid Salim memberi catatan
seputar masalah-masalah yang berkenaan dengan sholat istikhoroh :
·
Istikhoroh hanya disyariatkan saat berkehendak untuk
melakukan perkara mubah. Tidak disyariatkan untuk hal-hal yang bersifat sunnah
(kecuali bila ada dua pilihan yang harus diambil), wajib dan haram.
Misal : Punya rencana shoum senin kamis. Ibadah ini bernilai
sunnah. Tidak dianjurkan diawali dengan memohon petunjuk kepada Alloh lewat
istikhoroh, apakah ditunaikan atau tidak. Itu juga berlaku bagi shoum wajib
seperti shoum romadlon. Demikian juga, keliru besar manakala istikhoroh
dilakukan sebelum melanggar larangan Alloh. Karena prinsip haram itu harus
dijauhi.
·
Setelah istikhoroh ditunaikan, wajib mengambil pilihan
yang menurut hatinya terasa lapang. Tidak boleh mengambil pilihan sesuai hawa
nafsu yang bersemayam pelaksanaan sholat.
·
Tidak disyariatkan pilihan diambil berdasar mimpi
sebagaimana keyakinan kebanyakan orang awam.
·
Boleh jadi pilhan Alloh tidak sesuai dengan
keinginannya. Dia harus berserah diri terhadap firman Alloh :
وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا
وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ
وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
Boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia amat baik
bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia amat buruk
bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui [albaqoroh : 216]
·
Istikhoroh adalah doa, tidak mengapa dilakukan
berulang-ulang
Maroji’ :
Shohih Fiqih Sunnah, Syaikh Abu Malik Kamal ibnu Sayid Salim
1/426-427 (almaktabah taufiqiyyah)