Dasar ke dua




                                            (Kaedah Ahlussunnah Waljamaah) 

كُلُّ مَا وَرَدَ فِى الْقُرْانِ الْكَرِيْمِ وَصَحَّ وَثَبَتَ مِنْ سُنَّةِ الرّسولِ صلى الله عليه وسلم فَهُوَ شَرْعٌ لِلمُسْلِمِيْنَ يَجِبُ قَبُوْلُهُ وَإنْ كَانَ احَادًا
Apa saja yang terdapat dalam alquranul karim dan telah jelas keshohihan dan ketsubutannya dari sunnah  rosul shollallohu alaihi wasallam maka ia adalah syariat bagi umat islam wajib untuk menerimanya meskipun derajat haditsnya ahad

penjelasan :
وَمَا آَتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras siksanya [alhasyr : 7]
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu satu orang fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu [al hujurot : 6]
وقال القرطبى : وفى الآية دليل على قبول خبر الواحد إذا كان عدلا
Imam Alqurthubi berkata : Ayat ini adalah dalil diterimanya khobar ahad (berita yang bersumber dari satu orang) bila diketahui adil (jujur)
وقال الإمام ابن عبد البر وهو يتكلم عن خبر الواحد وموقف العلماء منه : وكلهم يدين بخبر الواحد العدل في الاعتقادات ويعادي ويوالي عليها ويجعلها شرعاً وديناً في معتقده، على ذلك جميع أهل السنة
Al-Imam Ibn Abdil Barr berkata mengenai khabar ahad dan sikap para ulama terhadapnya, Seluruh ulama berpegang dengan khabar ahad yang ‘adl dalam masalah aqidah, mereka menetapkan loyalitas dan permusuhan dengan khabar ahad, meyakininya sebagai sumber dalam syariat dan agama, dan seluruh ahlus sunnah bersepakat dalam hal ini