Alloh Itu Thoyyib, Hanya Menerima Dari Yang Thoyyib




Thoyyib Dan Khobits (31) 

Ini adalah penggalan dari nasehat rosululloh shollallohu alaihi wasallam :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى : يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً وَقاَلَ تَعَالَى : يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ياَ رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya Allah ta’ala itu thoyyib, tidak menerima kecuali yang thoyyib. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang beriman sebagaimana dia memerintahkan para rasul-Nya dengan firmannya : Wahai Para Rasul makanlah yang baik-baik dan beramal shalihlah. Dan Dia berfirman : Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalan jauh dalam keadaan kumal dan berdebu. Dia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata : Yaa Robbku, Ya Robbku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaannya) bagaimana doanya akan dikabulkan  [HR Muslim]
Apa makna thoyyib ? Imam Nawawi berkata : Makna thoyyib adalah bersih dari kekurangan dan keburukan. Sedangkan kalimat  tidak menerima kecuali yang thoyyib “ berarti jangan mendekatkan diri kepada Alloh dengan shodaqoh hasil haram

Adapun Syaikh Muhammad Sholih Utsaimin menerangkan makna kalimat  Sesungguhnya Allah ta’ala itu thoyyib, tidak menerima kecuali yang thoyyib “ : Thoyyib dzatNya, thoyyib sifat-sifatNya, thoyyib perbuatanNya dan tidak menerima kecuali yang thoyyib secara dzatnya dan thoyyib dalam mencarinya

Walhasil, selektif mencari rizki adalah hal yang paling diutamakan sebelum berderma.

Maroji’ :
Syarh Arbain Annawawiyyah (maktabah auladusy syaikh) hal 96 dan 98