كُلَّمَا إشْتَدَّتْ الْمِحْنَةُ قَرُبَ الْفَرْجُ Semakin sulit ujian, berarti semakin dekat dengan jalan keluar



Tips Menghadapi Musibah (8) 

Ketika Musa dan Bani Israil dikejar Firaun, sementara di hadapan mereka laut Merah yang membentang luas. Mereka berada di puncak kecemasan. Di satu sisi para pengejar sudah ada di hadapan mata sementara mereka tidak mungkin bisa menyelamatkan diri bila harus mengarungi lautan tanpa perahu. Dalam kondisi seperti ini, tiba-tiba Alloh berfirman :

فَأَوْحَيْنَا إِلَى مُوسَى أَنِ اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْبَحْرَ فَانْفَلَقَ فَكَانَ كُلُّ فِرْقٍ كَالطَّوْدِ الْعَظِيمِ

Kami wahyukan kepada Musa “ Pukullah lautan itu dengan tongkatmu ! “ Maka terbelahlah lautan itu dan tiap belahan seperti gunung yang besar  [asy syuaro : 63]

Dengan begitu, Bani Israil bisa menyeberangi lautan dengan selamat hingga tiba di daratan. Melihat terbelahnya laut, Firaun dengan bala tentaranya mengikuti mereka dari belakang. Musa diperintah untuk memukul tongkat ke laut untuk kedua kalinya. Laut yang tadinya terbelah menjadi dua, menyatu kembali sehingga membinasakan mereka semua. Lenyap sudah kesombongan Firaun setelah berada di puncak kekufurannya.

Ketika air susu Hajar sudah tidak keluar, Ismail (si jabang bayi) menangis kehausan sementara persediaan air sudah habis. Berlarilah Hajar kesana kemari mencari air. Bisa dibayangkan bagaimana cemas dan paniknya sang ibu dalam mencari air di Mekah yang tandus. Berlari dari Shofa dan Marwa sebanyak tujuh kali, tidak mendatangkan hasil. Ketika mendapat air tinggal harapan, tiba-tiba memancarlah air zam zam dari bawah kaki Ismail.

Para sahabat setiap hari mendapat intimidasi dari kafir Quraisy. Menunaikan ibadah harus dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Pada saat yang sama mereka merancang untuk membunuh rosululloh shollallohu alaihi wasallam, terlebih setelah kematian Abu Tholib yang selama ini melindungi beliau.
Dalam kondisi mendesak seperti ini, Alloh memberi jalan keluar berupa hijrah ketika nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أُمِرْتُ بِقَرْيَةٍ تَأْكُلُ الْقُرَى يَقُولُونَ يَثْرِبُ وَهِىَ الْمَدِينَةُ تَنْفِى النَّاسَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ  

Dari Abu Huroiroh berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Aku diperintah untuk berpindah ke sebuah negeri dimana dari negeri itulah negeri-negeri lain akan ditaklukkan. Mereka menyebutnya dengan Yatsrib yaitu Madinah yang akan membersihkan manusia sebagaimana api akan menghilangkan karat besi  [HR Bukhori, Muslim, Ahmad dan Malik]

Akhirnya para sahabat meninggal Mekah yang mereka cintai untuk berpindah ke Madinah. Di kota inilah mereka bisa beribadah dengan tenang dan dari sinilah titik tolak kemenangan umat islam.

Demikianlah, ketika ujian sedang berada di puncaknya, itu tanda bahwa tidak lama lagi akan ada makhroj (jalan keluar). Benarlah apa yang dikatakan oleh Syaikh Abdurrohman Nashir Assa’di :

فكلما اشتدت عليه وصعبت، إذا صابر وثابر على ما هو عليه انقلبت المحنة في حقه منحة، والمشقات راحات، وأعقبه ذلك، الانتصار على الأعداء وشفاء ما في قلبه من الداء
Setiap kali ujian dan kesulitan sedang memuncak, bila disikapi dengan kesabaran maka ujian akan berubah menjadi anugerah dan kesulitan menjadi kemudahah. Yang terjadi selanjutnya adalah kemenangan atas musuh dan obat di hati dari semua penyakit.

Maroji’ :
Taisir Kalim Arrohman Fi tafsir Kalamil Mannan, Syaikh Abdurrohman Nashir Assa’di (maktabah syamilah) hal 33