Istighfar (13)
Terkadang kita dapati ada seorang yang tengah duduk khusyu di
sisi kuburan orang sholih. Bukan untuk mendoakannya, melainkan justru meminta
kepadanya akan hajat hidup. Ini perbuatan syirik. Meski mereka berargumen
dengan firman Alloh :
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا
لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ
فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ
تَوَّابًا رَحِيمًا
Dan kami tidak mengutus seseorang Rasul melainkan untuk
ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya Jikalau mereka ketika mendzolimi
dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasulpun
memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima
Taubat lagi Maha Penyayang [annisa’ :
64]
Kalimat “ datang kepadamu “ dijadikan dalil akan
bolehnya mendatangi kubur nabi shollallohu alaihi wasallam setelah wafatnya
lalu meminta kepada beliau agar menyampaikannya kepada Alloh. Ini adalah
pendapat batil. Karena ayat sedang berbicara tentang orang-orang munafiq yang
berhukum kepada thoghut dan berpaling dari hukum Alloh dan rosulNya sebagaimana
yang tertera di ayat 60 hingga ayat 63. Mereka diajak agar datang menghadap
rosululloh shollallohu alaihi wasallam untuk bertaubat kepada Alloh dimana
beliau akan membantu mereka memohonkan ampun kepada Alloh atas apa yang mereka
perbuat.
Syaikh Abdurrohman Nashir assa’di berkata :
وهذا المجيء إلى الرسول صلى الله عليه وسلم مختص
بحياته؛ لأن السياق يدل على ذلك لكون الاستغفار من الرسول لا يكون إلا في حياته،
وأما بعد موته فإنه لا يطلب منه شيء بل ذلك شرك
Datang kepada arrosul shollallohu alaihi wasallam yang
dimaksud adalah khusus berlaku saat beliau masih hidup karena siyaq (alur ayat)
menunjukkan hal itu sebab istighfar
(permohonan ampun) dari arrosul tidak berlaku kecuali semasa hidup beliau,
adapun setelah wafatnya, beliau tidak boleh diminta sedikitpun. Bahkan
perbuatan itu adalah syirik
Penulis tafsir almuyassar berkata :
ولو أن هؤلاء الذين ظلموا أنفسهم
باقتراف السيئات، جاؤوك أيها الرسول في حياتك تائبين سائلين الله أن
يغفر لهم ذنوبهم، واستغفرت لهم، لوجدوا الله توابًا رحيمًا.
Seandainya mereka yang telah mendzalimi mereka dengan
perbuatan dosa yang perbuat datang kepadamu wahai rosul di masa hidupmu dengan
tujuan untuk bertaubat, memohon kepada Alloh agar mengampuni dosa mereka dan
engkau memohonkan ampun buat mereka maka sungguh mereka akan mendapati Alloh
Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang
Maroji’ :
Taisir Kalim Arrohman Fitafsir Kalamil Mannan, Syaikh
Abdurrohman Nashir Assa’di (maktabah syamilah) hal 88
Almuyassar, Abdulloh Bin Muhsin Atturki (maktabah syamilah)
hal 88