Ayat Istighfar Dijadikan Bolehnya Bertawassul Kepada Orang Mati




Istighfar (13) 

Terkadang kita dapati ada seorang yang tengah duduk khusyu di sisi kuburan orang sholih. Bukan untuk mendoakannya, melainkan justru meminta kepadanya akan hajat hidup. Ini perbuatan syirik. Meski mereka berargumen dengan firman Alloh :

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا  
Dan kami tidak mengutus seseorang Rasul melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya Jikalau mereka ketika mendzolimi dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang  [annisa’ : 64]

Kalimat “ datang kepadamu “ dijadikan dalil akan bolehnya mendatangi kubur nabi shollallohu alaihi wasallam setelah wafatnya lalu meminta kepada beliau agar menyampaikannya kepada Alloh. Ini adalah pendapat batil. Karena ayat sedang berbicara tentang orang-orang munafiq yang berhukum kepada thoghut dan berpaling dari hukum Alloh dan rosulNya sebagaimana yang tertera di ayat 60 hingga ayat 63. Mereka diajak agar datang menghadap rosululloh shollallohu alaihi wasallam untuk bertaubat kepada Alloh dimana beliau akan membantu mereka memohonkan ampun kepada Alloh atas apa yang mereka perbuat.

Syaikh Abdurrohman Nashir assa’di berkata :

وهذا المجيء إلى الرسول صلى الله عليه وسلم مختص بحياته؛ لأن السياق يدل على ذلك لكون الاستغفار من الرسول لا يكون إلا في حياته، وأما بعد موته فإنه لا يطلب منه شيء بل ذلك شرك
Datang kepada arrosul shollallohu alaihi wasallam yang dimaksud adalah khusus berlaku saat beliau masih hidup karena siyaq (alur ayat) menunjukkan hal itu  sebab istighfar (permohonan ampun) dari arrosul tidak berlaku kecuali semasa hidup beliau, adapun setelah wafatnya, beliau tidak boleh diminta sedikitpun. Bahkan perbuatan itu adalah syirik

Penulis tafsir almuyassar berkata :

ولو أن هؤلاء الذين ظلموا أنفسهم باقتراف السيئات، جاؤوك أيها الرسول في حياتك تائبين سائلين الله أن يغفر لهم ذنوبهم، واستغفرت لهم، لوجدوا الله توابًا رحيمًا.
Seandainya mereka yang telah mendzalimi mereka dengan perbuatan dosa yang perbuat datang kepadamu wahai rosul di masa hidupmu dengan tujuan untuk bertaubat, memohon kepada Alloh agar mengampuni dosa mereka dan engkau memohonkan ampun buat mereka maka sungguh mereka akan mendapati Alloh Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang

Maroji’ :
Taisir Kalim Arrohman Fitafsir Kalamil Mannan, Syaikh Abdurrohman Nashir Assa’di (maktabah syamilah) hal 88
Almuyassar, Abdulloh Bin Muhsin Atturki (maktabah syamilah) hal 88