Istighfar (43)
Dalam sebuah riwayat disebutkan :
عَنْ أَبِي أُمَيَّةَ الْمَخْزُومِيِّ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : أُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِلِصٍّ قَدْ اعْتَرَفَ اعْتِرَافًا .وَلَمْ يُوجَدْ مَعَهُ مَتَاعٌ ، فَقَالَ لَهُ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا إخَالُكَ سَرَقْت قَالَ
: بَلَى فَأَعَادَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا فَأَمَرَ بِهِ فَقُطِعَ وَجِيءَ
بِهِ فَقَالَ : اسْتَغْفِرْ اللَّهَ وَتُبْ إلَيْهِ فَقَالَ : أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ
وَأَتُوبُ إلَيْهِ فَقَالَ : اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ ثَلَاثًا
Abu Umayyah al-Mahzumy
Radliyallaahu 'anhu berkata: Dihadapkan kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam seorang pencuri yang telah benar-benar mengaku, namun dia tidak
membawa barang curiannya. Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda : Aku
tidak mengira engkau mencuri. Ia berkata : Benar (aku telah mencuri). Beliau
mengulanginya dua atau tiga kali. Lalu beliau memerintahkan untuk dihukum dan
dipotonglah tangannya. Kemudian orang tersebut dihadapkan kepada beliau dan
beliau bersabda : Mintalah ampun kepada Allah dan bertaubatlah kepada-Nya. Ia
berkata : Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya. Lalu beliau
bersabda : Ya Allah, berilah taubat kepadanya -tiga kali [HR Abu Dawud, Ahmad
dan Nasa'i]
Hadits di atas mengajarkan kepada penguasa untuk menegakkan
hukum pidana yang telah Alloh tetapkan. Bila telah dilaksanakan, maka
dianjurkan bagi penguasa untuk menuntun yang bersangkutan untuk beristighfar
memohon ampun kepada Alloh. Kenapa beristighfar ? Syaikh Abdulloh Abdurrohman
Albassam berkata :
إذا
أقيم على السارق حد السرقة فينبغى تذكيره بالتوبة و الإستغفار ليجمع الله تعالى في
محو ذنبه بين إقامة الحد والإستغفار بالقلب واللسان كما ينبغي أن يدعو له بالتوبة معاونة
له على نفسه والشيطان
Bila hukum potong tangan telah ditegakkan bagi pencuri, maka
sudah seharusnya mengingatkannya untuk bertaubat dan beristighfar agar Alloh
Ta’ala menghimpun penghapusan dosa antara penegakan hukum pidana dan istighfar
dengan hati dan lesan sebagaimana ditekankan baginya untuk bertaubat dengan
tujuan menolong dirinya dan menundukkan setan.
Bukankah iman itu gabungan antara ikrar lesan dan hati dan
dibuktikan dengan amal anggota badan ? Istigfar bagian dari ikrar dan hukum
pidana adalah bagian dari amal anggota badan.
Maroji’ :
Taudhihul Ahkam, Syaikh Abdulloh Abdurrohman Albassam 4/193