Jangan Vonis Maghfiroh Tertutup Bagi Si Fulan




Istighfar (48) 

Siapa yang tidak tahu sepak terjang Umar Bin Khothob sebelum masuk islam. Amru Bin Ash si pendengki nomer satu dan Abu Sufyan pemimpin tertinggi kafir quraisy setelah kematian Abu Jahal. Ternyata di kemudian hari mereka akhirnya masuk islam dan mati dalam keadaan muslim.

Boleh jadi ada di lingkungan sekitar seorang penjahat. Sadis ketika menghadang korban. Khomr adalah minumannya dan zina dengan pelacur adalah kebiasaannya setiap malam. Jangan katakan buat dia “ Memang dia potongan neraka, tidak ada pintu hidayah lagi buatnya “ dan kalimat semisal yang menunjukkan keyakinan kita bahwa dia tidak mungkin bertobat.

Jundub bin Abdullah Radhiallahu’anhu berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

قال رجل : والله لا يغفر الله لفلان، فقال الله : من ذا الذي يتألى علي أن لا أغفر لفلان ؟ إني قد غفرت له وأحبطت عملك " رواه مسلم.
Ada seorang laki-laki berkata : “Demi Allah, Allah tidak akan mengampuni si fulan, maka Allah Subhanahu wata’ala berfirman : “Siapa yang bersumpah mendahuluiKu, bahwa aku tidak mengampuni sifulan? sungguh Aku telah mengampuniNya dan Aku telah menghapuskan amalmu” (HR. Muslim).

Dan disebutkan dalam hadits riwayat Abi Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa orang yang bersumpah demikian itu adalah orang yang ahli ibadah. Abu Hurairah berkata : Ia telah mengucapkan suatu ucapan yang menghancurkan dunia dan akhiratnya.”(HR. Ahmad dan Abu Dawud)