Setan punya program manusia menyengsarakan manusia




                                                       (Menyengsarakan Setan) 

Kenapa setan harus kita sengsarakan ? Karena mereka punya program untuk membuat kita sengsara. Ini sebagai bentuk balasan yang setimpal atas sumpah-sumpah mereka yang berisi rencana jahat bagi kemalangan hidup manusia di akhirat.

Berkali-kali Alloh menyitir kesungguhan mereka untuk membuat manusia tersesat dari jalan Alloh :

وَقَالَ لَأَتَّخِذَنَّ مِنْ عِبَادِكَ نَصِيبًا مَفْرُوضًا وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآَمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آَذَانَ الْأَنْعَامِ وَلَآَمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ

Iblis berkata : Aku pasti akan mengambil bagian tertentu (untuk menyesatkan) dari hamba-hambaMu. Pasti aku sesatkan mereka dan akan aku bangkitkan angan-angan kosong mereka dan akan aku suruh mereka memotong telinga binatang ternak lalu mereka benar-benar memotongnya dan aku suruh mereka untuk merubah ciptaan Alloh lalu mereka benar-benar merubahnya [annisa : 118-119]

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ  ثُمَّ لَآَتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Iblis berkata : Karena Engkau telah tetapkan aku sesat, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalanMu yang lurus. Kemudian pasti aku akan mendatangi  mereka dari depan, belakang, kanan dan kiri mereka. Dan Engkau tidak mendapati kebanyakan mereka bersyukur [al a’rof : 16-17]

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

Iblis berkata : Karena Engkau telah tetapkan aku sesat, aku pasti akan jadikan dosa terasa indah bagi mereka di bumi dan aku akan menyesatkan mereka semua  [alhijr : 39]

لَئِنْ أَخَّرْتَنِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَأَحْتَنِكَنَّ ذُرِّيَّتَهُ إِلَّا قَلِيلًا

Seandainya Engkau memberi aku waktu sampai hari kiamat, pasti aku sesatkan mereka semua kecuali sebagian kecil [al isro : 62]

Rupanya ketika akhirnya manusia sudah ditetapkan sebagai penghuni neraka, mereka masih menambah penderitaan kepada para korbannya dengan mengatakan :

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الْأَمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلَّا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِنْ قَبْلُ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Setan berkata ketika hisab telah selesai (sehingga jelas bagi pengikutnya ditetapkan sebagai neraka) : Sesungguhnya Alloh telah menjanjikan kepadamu dengan janji yang benar dan akupun telah memberi janji kepadamu, akan tetapi aku menyalahinya. Tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan dulu aku sekedar mengajak kamu (untuk bermaksiat) lalu kamu mematuhi seruanku. Oleh sebab itu jangan kamu mencerca diriku. Tetapi cercarah dirimu sendiri. Aku tidak dapat menolongmu dan kamupun tidak dapat menolongku. Sungguh aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku dengan Alloh sejak dahulu. Sungguh orang yang dzalim akan mendapat siksa yang pedih [ibrohim : 22]

Karena dasar inilah, marilah kita sengsarakan setan sebagaimana mereka juga selalu bersiasat untuk menyengsarakan kita