Alwalid Bin Uqbah, Tergesa-Gesa Berkesimpulan



Tergesa-Gesa (11)

Rosululloh shollallohu alaihi wasallam mengutus Alwalid Bin Uqbah Bin Abu Mu’ith untuk mengambil zakat di Bani Mushtholiq. Sebelumnya pada masa jahiliyyah keluarga Alwalid memiliki permusuhan dengan mereka.

Mendengar kedatangan utusan rosululloh shollallohu alaihi wasallam, mereka bahagia dan hendak memberikan sambutan yang baik. Ingatan Alwalid tentang permusuhan masa lalu masih terbayang di benaknya. Sehingga ketika melihat sekumpulan manusia keluar rumah, ia mengira bahwa mereka akan membunuhnya. Berlarilah Alwalid dan kembali ke Madinah lalu menyampaikan hal itu kepada nabi shollallohu alaihi wasallam sesuai dengan persangkaan yang dia rasakan terhadap kaum bani mushtholiq. Dalam penuturannya, bahkan Awalid mengatakan bahwa penduduk telah murtad.

Mendengar berita itu, beliau murka dan berencana memberangkatkan pasukan ke sana. Tiba-tiba datanglah utusan bani mushtholiq. Sang utusan menyampaikan bahwa tidak ada maksud penduduk sebagaimana yang disangkakan Alwalid. Beliau tidak lantas percaya terhadap pengakuannya sehingga mengutus Kholid Bin Walid untuk mengecek kebenaran berita.

Sesampainya di perkampungan bani mushtholiq, Kholid Bin Walid mendengar kumandang adzan dan sholat maghrib dan isya yang ditegakkan secara berjamaah. Dapat disimpulkan bahwa kebenaran ada di utusan bani mushtholiq dan Alwalid terbukti telah dusta.

Bisa dibayangkan bila nabi shollallohu alaihi wasallam langsung mempercayai berita yang dibawa oleh Alwalid, tentu pertumpahan darah yang terjadi. Dengan peristiwa ini, Alloh menurunkan firmanNya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
Hai orang-orang beriman bila datang kepada kalian seorang fasiq membawa berita maka bertabayunlah (cek kebenaran berita) agar kalian tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kalian menyesal atas perbuatanmu itu [alhujurot : 6]