Hukum kencing berdiri




                                             Istinja Dalam Timbangan Aqidah (17) 

Ada dua hadits yang Nampak seolah bertentangan dalam masalah ini, yaitu :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَالَ قَائِمًا فَلَا تُصَدِّقُوهُ مَا كَانَ يَبُولُ إِلَّا جَالِسًا  

Dari Aisyah berkata : Barangsiapa yang menceritakan kepadamu bahwa rosululloh shollallohu alaihi wasallam kencing berdiri, jangan kalian percaya. Beliau tidak pernah kencing kecuali duduk [HR Nasa’i] 

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ أَتَى النَّبِىُّ  صلى الله عليه وسلم  سُبَاطَةَ قَوْمٍ فَبَالَ قَائِمًا ، ثُمَّ دَعَا بِمَاءٍ ، فَجِئْتُهُ بِمَاءٍ فَتَوَضَّأَ 

Dari Khudzaifah berkata : Nabi shollallohu alaihi wasallam mendatangi tempat pembuangan sampah milik satu kaum lalu beliau kencing berdiri lalu beliau meminta air. Aku mendatangi beliau dengan membawa air lalu beliau berwudlu [HR Bukhori, Muslim, Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i]

Imam Nawawi berkata :

الْبَوْلُ جَالِسًا أحَبُّ إلَيَّ وَقَائِمًا مُبَاحٌ وَكُلٌّ ذَالِكَ ثَابِتٌ عَنْ رسول الله صلّى الله عليه وسلّم

Kencing duduk lebih aku sukai, adapun berdiri hukumnya mubah. Keduanya telah tsabit pada diri rosululloh shollallohu alaihi wasallam

Syaikh Abu Malik Kamal Sayyid menilai bahwa kencing berdiri hukumnya boleh dengan beberapa alasan :

1.      Tidak ada satupun dalil dari nabi shollallohu alaihi wasallam yang melarangnya
2.      Adapun hadits tentang kencingnya beliau dengan duduk tidak menafikan bolehnya kencing berdiri, bahkan ini menunjukkan akan kebolehan keduanya
3.      Penafian dari Aisyah akan status kencing berdiri itu didasarkan atas pengetahuannya selama beliau berada di rumah dan itu tidak bisa menafikan apa yang dilakukan beliau di luar rumah