Istinja Dalam Timbangan Aqidah (17)
Ada dua hadits yang Nampak seolah bertentangan dalam
masalah ini, yaitu :
عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بَالَ قَائِمًا فَلَا تُصَدِّقُوهُ مَا كَانَ يَبُولُ إِلَّا جَالِسًا
Dari
Aisyah berkata : Barangsiapa yang menceritakan kepadamu bahwa rosululloh
shollallohu alaihi wasallam kencing berdiri, jangan kalian percaya. Beliau
tidak pernah kencing kecuali duduk [HR Nasa’i]
عَنْ حُذَيْفَةَ
قَالَ أَتَى النَّبِىُّ صلى الله عليه
وسلم سُبَاطَةَ قَوْمٍ فَبَالَ قَائِمًا ،
ثُمَّ دَعَا بِمَاءٍ ، فَجِئْتُهُ بِمَاءٍ فَتَوَضَّأَ
Dari Khudzaifah berkata : Nabi shollallohu alaihi wasallam mendatangi
tempat pembuangan sampah milik satu kaum lalu beliau kencing berdiri lalu
beliau meminta air. Aku mendatangi beliau dengan membawa air lalu beliau
berwudlu [HR Bukhori, Muslim, Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i]
Imam Nawawi berkata :
الْبَوْلُ جَالِسًا
أحَبُّ إلَيَّ وَقَائِمًا مُبَاحٌ وَكُلٌّ ذَالِكَ ثَابِتٌ عَنْ رسول الله صلّى
الله عليه وسلّم
Kencing duduk lebih aku sukai, adapun berdiri hukumnya mubah. Keduanya
telah tsabit pada diri rosululloh shollallohu alaihi wasallam
Syaikh Abu Malik Kamal Sayyid menilai bahwa
kencing berdiri hukumnya boleh dengan beberapa alasan :
1.
Tidak ada satupun dalil dari nabi shollallohu alaihi
wasallam yang melarangnya
2.
Adapun hadits tentang kencingnya beliau dengan duduk
tidak menafikan bolehnya kencing berdiri, bahkan ini menunjukkan akan kebolehan
keduanya
3.
Penafian dari Aisyah akan status kencing berdiri itu
didasarkan atas pengetahuannya selama beliau berada di rumah dan itu tidak bisa
menafikan apa yang dilakukan beliau di luar rumah