Dari Mana Hawa Diciptakan ?


Adam VS iblis (17)

Alloh Ta’ala berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا  

Hai manusia bertaqwalah kepada Robmu yang telah menciptakan kamu dari jiwa yang satu dan daripadanya, Alloh menciptakan istrinya [annisa : 1]


هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا  

Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu dan daripadanya, Dia menciptkan istrinya [al a’rof : 189]


Dua ayat di atas menerangkan bahwa asal seluruh manusia adalah dari jiwa yang satu. Para ahli tafsir menerangkan bahwa yang dimaksud jiwa yang satu adalah Adam. Selanjutnya Hawa diciptakan dari salah satu organ tubuh miliki Adam.


Ibnu Katsir menyebut bahwa Alloh mengambil tulang sulbi Adam bagian kiri saat dirinya tidur lalu dari tulang ini Alloh menciptakan Hawa. Ketika terbangun, alangkah terkejutnya Adam dimana di sampingnya sudah ada Hawa. Penciptaan Hawa dari organ tubuh Adam sesuai dengan sabda nabi shollallohu alaihi wasallam :


عن أَبي هريرة رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم اسْتَوْصُوا بالنِّساءِ خَيْراً ؛ فَإِنَّ المَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلعٍ ، وَإنَّ أعْوَجَ مَا في الضِّلَعِ أعْلاهُ ، فَإنْ ذَهَبتَ تُقيمُهُ كَسَرْتَهُ ، وَإنْ تَرَكْتَهُ ، لَمْ يَزَلْ أعْوجَ ، فَاسْتَوصُوا بالنِّساءِ  مُتَّفَقٌ عَلَيهِ .

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu anhu berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Berwasiatlah kepada wanita dengan baik karena sesungguhnya wanita diciptakan dari sulbi dan yang paling bengkok dari sulbi adalah bagian atasnya. Bila engkau meluruskannya maka akan mematahkannya dan jika dibiarkan, ia akan terus bengkok. Oleh karena itu, berwasiatlah kepada wanita [muttafaq alaih]


Maroji’ : Tafsir Ibnu Katsir (maktabah syamilah) hal 77