Mayoritas Ahlul Jannah


                                                   Keutamaan Orang Faqir (6)


Cukup banyak hadits yang menjelaskan masalah ini, diantaranya :

عن حارثة بن وهْبٍ رضي الله عنه قَالَ سمعت رَسُول الله صلى الله عليه وسلم يقولُ ألاَ أُخْبِرُكُمْ بِأهْلِ الجَنَّةِ ؟ كُلُّ ضَعِيف مُتَضَعَّف لَوْ أقْسَمَ عَلَى اللهِ لأَبَرَّهُ ، أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِأهْلِ النَّارِ ؟ كُلُّ عُتُلٍّ جَوّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ 

Dari Haritsah Bin Wahab Bin Wahab rodliyallohu anhu berkata : Aku mendengar rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang ahlul jannah ? Yaitu setiap orang lemah yang diremehkan. Seandainya dia bersumpah atas nama Alloh (berdoa), pasti akan mengabulkannya. Maukah kalian aku beritahukan tentang ahlunnar ? Yaitu setiap orang yang kasar, keras dan sombong [muttafaq alaih]

عن أَبي سعيد الخدري رضي الله عنه عن النَّبيّ صلى الله عليه وسلم قَالَ احْتَجَّتِ الجَنَّةُ والنَّارُ ، فقالتِ النَّارُ : فِيَّ الجَبَّارُونَ وَالمُتَكَبِّرُونَ . وَقَالتِ الجَنَّةُ : فِيَّ ضُعَفَاءُ النَّاسِ وَمَسَاكِينُهُمْ ، فَقَضَى اللهُ بَيْنَهُمَا : إنَّكِ الجَنَّةُ رَحْمَتِي أرْحَمُ بِكِ مَنْ أشَاءُ ، وَإنَّكِ النَّارُ عَذَابِي أُعَذِّبُ بِكِ مَنْ أشَاءُ ، وَلِكلَيْكُمَا عَلَيَّ مِلْؤُهَا 

Dari Abu Said Alkhudzriyy rodliyallohu anhu, dari nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : Aljannah dan annnar saling berhujjah. Neraka berkata : Di dalamku ada kaum yang jahat dan sombong. Aljannah berkata : Di dalamku ada manusia yang lemah dan miskin. Alloh memberi ketetapan bagi keduanya : Sesungguhnya engkau wahai aljannah, rahmatKu menyebabkan Aku merahmati siapa yang Aku kehendaki. Dan engkau wahai neraka, adzabku aku berikan kepada siapa yang Aku kehendaki. Untuk kalian berdua, Aku memenuhinya [HR Muslim]

عن أسامة رضي الله عنه ، عن النَّبيّ صلى الله عليه وسلم ، قَالَ : قُمْتُ عَلَى بَابِ الجَنَّةِ ، فَإِذَا عَامَّةُ مَنْ دَخَلَهَا المَسَاكِينُ ، وَأصْحَابُ الجَدِّ مَحْبُوسُونَ ، غَيْرَ أنَّ أصْحَابَ النَّارِ قَدْ أُمِرَ بِهِمْ إِلَى النَّارِ . وَقُمْتُ عَلَى بَابِ النَّارِ فَإِذَا عَامَّةُ مَنْ دَخَلَهَا النِّسَاءُ   .

Dari Usamah rodliyallohu anhu, dari nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : Aku berdiri di pintu aljannah, ternyata mayoritas yang memasukinya adalah orang-orang miskin sedangkan orang-orang kaya masih tertahan, akan tetapi penghuni neraka sudah diperintahkan untuk segera masuk ke dalam neraka. Aku juga berdiri di depan pintu neraka. Ternyata mayoritas yang memasukinya adalah kaum wanita [muttafaq alaih]