Penopang kesuksesan orang-orang kaya


                                                                      Keutamaan Orang Faqir (3)


Salah satu yang membuat orang kaya hidup nyaman karena peran orang-orang miskin yang ada di sekelilingnya. Siapa yang mencuci dan menyeterika bajunya hingga rapi ? siapa yang membuat rumahnya yang bersih dan tertata ? Tentu jawabannya adalah pembantu.

Seorang yang berlimpah harta, pergi kemanapun cukup duduk manis di mobil karena sudah ada sopir yang siap mengantarkannya kemana dia inginkan. Rumahnya yang megah berdiri, tidak bisa dipisahkan dari keberadaan kuli bangunan.

Hal inilah yang tidak boleh dilupakan oleh mereka yang diberi limpahan harta oleh Alloh. Oleh karena itu rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :

عن مصعب بن سعد بن أَبي وقَّاص رضي الله عنهما ، قَالَ : رَأى سعد أنَّ لَهُ فَضْلاً عَلَى مَنْ دُونَهُ ، فَقَالَ النَّبيّ  صلى الله عليه وسلم هَلْ تُنْصرُونَ وتُرْزَقُونَ إلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ   

Dari Mush’ab Bin Sa’ad Bin Abi Waqosh rodliyallohu anhuma berkata : Sa’ad melihat pada dirinya ada kelebihan harta atas orang lain, nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda kepadanya : Bukankah kalian diberi kesuksesan dan dilimpahi harta kecuali atas pertolongan dari orang-orang lemah yang ada di sekitar kalian ? [HR Bukhori secara mursal]