Pentolan khowarij


                                        Yang Memanggil " Ya Muhammad " (2)

Setelah perang hunain, seorang dengan cekung matanya, keras pipinya, lebar dahinya, lebat jenggotnya dan kepalanya gundul berkata :

اتَّقِ اللَّهَ يَا مُحَمَّدُ

Bertaqwalah kepada Alloh wahai Muhammad !

Ia mengucapkan kalimat ini sebagai bentuk protes karena kepada rosululloh shollallohu alaihi wasallam yang membagi ghonimah dengan mengutamakan kaum muallaf dari penduduk Mekah. Mendengar kalimat tidak sopan ini, nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :

مَنْ يُطِعِ اللَّهَ إِذَا عَصَيْتُ ، أَيَأْمَنُنِى اللَّهُ عَلَى أَهْلِ الأَرْضِ فَلاَ تَأْمَنُونِى

Siapa yang bisa taat kepada Alloh kalau aku sudah bermaksiat ?! Apakah Alloh mempercayaiku atas penduduk bumi, sementara kalian tidak mempercayaiku ?

Kholid Bin Walid tersinggung dengan perkataan itu hingga ia meminta kepada nabi shollallohu alaihi wasallam memberi izin kepadanya dirinya untuk membunuh orang itu. Beliau menahan Kholid sambil bersabda :

إِنَّ مِنْ ضِئْضِئِ هَذَا قَوْمٌ يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ ، لاَ يُجَاوِزُ حَنَاجِرَهُمْ ، يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ مُرُوقَ السَّهْمِ مِنَ الرَّمِيَّةِ ، يَقْتُلُونَ أَهْلَ الإِسْلاَمِ ، وَيَدَعُونَ أَهْلَ الأَوْثَانِ ، لَئِنْ أَنَا أَدْرَكْتُهُمْ لأَقْتُلَنَّهُمْ قَتْلَ عَادٍ

Sesungguhnya dari keturunan orang ini akan muncul kaum yang membaca alquran akan tetapi tidak mencapai tenggorokannya. Mereka keluar dari agama ini sebagaimana anak panah terlepas dari busurnya. Mereka akan memerangi pemeluk islam dan membiarkan penyembah berhala. Bila aku mendapati mereka, benar-benar aku akan memerangi mereka sebagaimana memerangi kaum ad [HR Bukhori, Muslim, Ahmad dan Nasa’i]