Abu Hurorioh Dan Junub (7)
Setelah berhubungan badan, islam memberi keleluasaan bagi
kita untuk memilih antara segera mandi atau menundanya hingga bangun dari tidur
sebelum waktu shubuh. Keduanya pernah dilakukan oleh nabi shollallohu alaihi
wasallam :
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى قَيْسٍ
قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ عَنْ وِتْرِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
فَذَكَرَ الْحَدِيثَ قُلْتُ كَيْفَ كَانَ يَصْنَعُ فِى الْجَنَابَةِ أَكَانَ
يَغْتَسِلُ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ أَمْ يَنَامُ قَبْلَ أَنْ يَغْتَسِلَ قَالَتْ
كُلُّ ذَلِكَ قَدْ كَانَ يَفْعَلُ رُبَّمَا اغْتَسَلَ فَنَامَ وَرُبَّمَا
تَوَضَّأَ فَنَامَ. قُلْتُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى جَعَلَ فِى الأَمْرِ سَعَةً.
Dari Abdulloh Bin Qois, dari Aisyah tentang witir rosululloh
shollallohu alaihi wasallam lalu hadits itu disebutkan. Aku berkata : Apa yang
diperbuat beliau saat junub, apakah beliau mandi sebelum tidur ataukah tidur
sebelum mandi ? Aisyah berkata : Dua-duanya pernah beliau lakukan. Terkadang
beliau mandi lalu tidur, terkadang di lain waktu beliau berwudlu lalu tidur.
Aku berkata : Alhamdulillah yang telah menjadikan urusan ini menjadi luas
(mudah) [HR Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasa’i]
Bila membuka kitab-kitab hadits, kita akan banyak menemukan
riwayat bahwa rosululloh shollallohu alaihi wasallam sering menunda mandi
janabat. Beliau tidur terlebih dahulu dan melakukannya setelah bangun.
Diantaranya :
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَعْبٍ
الْحِمْيَرِىِّ أَنَّ أَبَا بَكْرٍ حَدَّثَهُ أَنَّ مَرْوَانَ أَرْسَلَهُ إِلَى
أُمِّ سَلَمَةَ رضى الله عنها يَسْأَلُ
عَنِ الرَّجُلِ يُصْبِحُ جُنُبًا أَيَصُومُ فَقَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى
الله عليه وسلم يُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ لاَ مِنْ حُلُمٍ ثُمَّ لاَ يُفْطِرُ
وَلاَ يَقْضِى
Dari Abdulloh Bin Ka’ab Alhimyariy : Abu Bakar bercerita
kepadanya bahwa Marwan mengutusnya untuk menemui Ummu Salamah rodliyallohu anha
untuk bertanya tentang seorang laki-laki yang datang waktu shubuh, ia masih
junub, apakah boleh melanjutkan shoum ? Ummu Salamah berkata : Rosululloh
shollallohu alaihi wasallam pernah datang waktu shubuh dalam keadaan junub
karena persetubuhan bukan karena mimpi basah. Beliau tidak membatalkan shoumnya
dan tidak pula mengqodlonya [HR Muslim]
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صلى الله عليه وسلم خَرَجَ وَقَدْ أُقِيمَتِ الصَّلاَةُ وَعُدِّلَتِ
الصُّفُوفُ ، حَتَّى إِذَا قَامَ فِى مُصَلاَّهُ انْتَظَرْنَا أَنْ يُكَبِّرَ
انْصَرَفَ قَالَ عَلَى مَكَانِكُمْ
فَمَكَثْنَا عَلَى هَيْئَتِنَا حَتَّى خَرَجَ إِلَيْنَا يَنْطُفُ رَأْسُهُ
مَاءً وَقَدِ اغْتَسَلَ
Dari Abu Huroiroh : Bahwa rosululloh shollallohu alaihi
wasallam keluar dimana iqomat telah dikumandangkan dan shof sudah dirapikan
hingga beliau berdiri di tempat sholatnya. Kami menunggu takbirnya, tiba-tiba
beliau keluar seraya bersabda : Tetaplah di tempat kalian ! Kami berdiri pada
posisi kami hingga akhirnya beliau keluar menuju kami dimana masih menetes air
dari kepalanya. Beliau telah mandi janabat [HR Bukhori dan Ahmad]
Abu Huroirohpun pernah melakukannya. Dalam keadaan junub, ia
keluar rumah dan sempat bertemu dengan nabi shollallohu alaihi wasallam :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّهُ
لَقِيَهُ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم فِى طَرِيقٍ مِنْ طُرُقِ الْمَدِينَةِ
وَهُوَ جُنُبٌ فَانْسَلَّ فَذَهَبَ فَاغْتَسَلَ فَتَفَقَّدَهُ النَّبِىُّ صلى الله
عليه وسلم فَلَمَّا جَاءَهُ قَالَ أَيْنَ
كُنْتَ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَقِيتَنِى وَأَنَا جُنُبٌ
فَكَرِهْتُ أَنْ أُجَالِسَكَ حَتَّى أَغْتَسِلَ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله
عليه وسلم سُبْحَانَ اللَّهِ إِنَّ
الْمُؤْمِنَ لاَ يَنْجُسُ
Dari Abu Huroiroh : Bahwa nabi shollallohu alaihi wasallam
menemuinya di satu jalan dari jalan-jalan yang ada di kota Madinah. Saat itu ia
sedang junub. Diam-diam ia menyingkir lalu pergi dan mandi. Nabi shollallohu
alaihi wasallam mencarinya. Ketika ia datang, beliau bersabda : Kemana engkau
pergi wahai Abu Huroiroh ? Ia berkata : Ya rosululloh, engkau menemuiku
sementara aku dalam keadaan junub. Aku tidak ingin bermajlis dengan dirimu
hingga aku mandi. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
Subhaanalloh, sesungguhnya mukmin itu tidak najis [Bukhori, HR Muslim, Ahmad,
Nasa’i dan Ibnu Majah]