Dzikir Dengan Hati, Lesan Dan Anggota Badan


Dzikrulloh (3)

Ini adalah dzikir yang lengkap. Lesan mengucapkan, hati meresapi dan menghayati maknanya dan selanjutnya anggota badan menggerakkannya dengan amal sholih. Semisal seseorang mendapat karunia nikmat. Hatinya bahagia dan langsung mengakui bahwa apa yang ia dapatkan berasal dari Alloh. Tak lama kemudian, ia mengucapkan alhamdulillah. Setelah itu sebagian nikmat itu ia bagikan kepada saudaranya sesama muslim.

Alfakhrur Rozi berkata :

الْمُرَاد بِذِكْرِ اللِّسَان الْأَلْفَاظ الدَّالَّة عَلَى التَّسْبِيح وَالتَّحْمِيد وَالتَّمْجِيد ، وَالذِّكْر بِالْقَلْبِ التَّفَكُّر فِي أَدِلَّة الذَّات وَالصِّفَات وَفِي أَدِلَّة التَّكَالِيف مِنْ الْأَمْر وَالنَّهْي حَتَّى يَطَّلِع عَلَى أَحْكَامهَا ، وَفِي أَسْرَار مَخْلُوقَات اللَّه . وَالذِّكْر بِالْجَوَارِحِ هُوَ أَنْ تَصِير مُسْتَغْرِقَة فِي الطَّاعَات

Yang dimaksud dengan dzikir lesan adalah lafadz yang terucap yang menunjukan bahwa ia sedang bertasbih, bertahmid dan memberikan pengagungan terhadap Alloh. Adapun dzikir hati adalah dengan merenungkan dalil-dalil tentang dzat dan sifat dan dalil-dalil takalif (pembebanan) berupa perintah dan larangan hingga mengetahui hukum-hukumnya dan rahasia-rahasia yang ada pada penciptaan Alloh. Sedangkan dzikir dengan anggota badan adalah tengelamnya seseorang ke dalam ketaatan.

Sholat adalah salah satu contoh paling jelas tentang dzikir yang mencakup tiga unsur ini sehingga sholat jumat disebut oleh Alloh dengan dzikrulloh

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ

Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada dzikrulloh (sholat jumat) [aljumuah : 9] 

Maroji’ :

Fathul Bari, Ibnu Hajar Al Atsqolani 18/210