Dzikrulloh (3)
Ini adalah dzikir yang lengkap. Lesan
mengucapkan, hati meresapi dan menghayati maknanya dan selanjutnya anggota
badan menggerakkannya dengan amal sholih. Semisal seseorang mendapat karunia
nikmat. Hatinya bahagia dan langsung mengakui bahwa apa yang ia dapatkan
berasal dari Alloh. Tak lama kemudian, ia mengucapkan alhamdulillah. Setelah
itu sebagian nikmat itu ia bagikan kepada saudaranya sesama muslim.
Alfakhrur Rozi berkata :
الْمُرَاد بِذِكْرِ اللِّسَان
الْأَلْفَاظ الدَّالَّة عَلَى التَّسْبِيح وَالتَّحْمِيد وَالتَّمْجِيد ،
وَالذِّكْر بِالْقَلْبِ التَّفَكُّر فِي أَدِلَّة الذَّات وَالصِّفَات وَفِي
أَدِلَّة التَّكَالِيف مِنْ الْأَمْر وَالنَّهْي حَتَّى يَطَّلِع عَلَى
أَحْكَامهَا ، وَفِي أَسْرَار مَخْلُوقَات اللَّه . وَالذِّكْر بِالْجَوَارِحِ
هُوَ أَنْ تَصِير مُسْتَغْرِقَة فِي الطَّاعَات
Yang dimaksud dengan dzikir lesan adalah lafadz
yang terucap yang menunjukan bahwa ia sedang bertasbih, bertahmid dan
memberikan pengagungan terhadap Alloh. Adapun dzikir hati adalah dengan
merenungkan dalil-dalil tentang dzat dan sifat dan dalil-dalil takalif
(pembebanan) berupa perintah dan larangan hingga mengetahui hukum-hukumnya dan
rahasia-rahasia yang ada pada penciptaan Alloh. Sedangkan dzikir dengan anggota
badan adalah tengelamnya seseorang ke dalam ketaatan.
Sholat adalah salah satu contoh paling jelas
tentang dzikir yang mencakup tiga unsur ini sehingga sholat jumat disebut oleh
Alloh dengan dzikrulloh
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا
إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ
اللَّهِ
Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru
untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada
dzikrulloh (sholat jumat) [aljumuah : 9]
Maroji’ :
Fathul Bari, Ibnu Hajar Al Atsqolani 18/210