Basmallah Dalam Pandangan Imam Malik


Bismillah (8)

Imam Malik berpendapat bahwa basmallah bukan bagian dari alfatihah, juga bukan bagian dari awal surat. Tidak disyariatkan untuk dibaca, termasuk saat menunaikan sholat. Argumen dari pendapat ini adalah :

عَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ كَانُوا يَفْتَتِحُونَ اَلصَّلَاةِ بِـ (اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ 

Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Abu Bakar dan Umar memulai sholat dengan (membaca) alhamdulillaahi rabbil 'alamiin. [Muttafaq Alaihi]

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ صَلَّيْتُ خَلْفَ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَكَانُوا يَسْتَفْتِحُونَ بِ (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ) لاَ يَذْكُرُونَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فِى أَوَّلِ قِرَاءَةٍ وَلاَ فِى آخِرِهَا

Dari Anas Bin Malik berkata : Aku pernah sholat di belakang nabi shollallohu alaihi wasallam, Abu Bakar, Umar dan Utsman. Mereka memulai sholat dengan (membaca) alhamdulillaahi rabbil 'alamiin tidak menyebut bismillahirrohmaanirrohiim di awal bacaan dan tidak pula di akhirnya [HR Muslim]

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قُمْتُ وَرَاءَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَكُلُّهُمْ كَانَ لَا يَقْرَأُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ إِذَا افْتَتَحَ الصَّلَاةَ

Dari Anas Bin Malik berkata : Aku berada di belakang Abu Bakar, Umar dan Utsman. Semuanya tidak membaca bismillaahirrohmaanirrohiim bila memulai sholat [HR Malik]

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى قَسَمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ ( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ). قَالَ اللَّهُ تَعَالَى حَمِدَنِى عَبْدِى وَإِذَا قَالَ (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ). قَالَ اللَّهُ تَعَالَى أَثْنَى عَلَىَّ عَبْدِى. وَإِذَا قَالَ (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ). قَالَ مَجَّدَنِى عَبْدِى وَقَالَ مَرَّةً فَوَّضَ إِلَىَّ عَبْدِى - فَإِذَا قَالَ (إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ). قَالَ هَذَا بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ ). قَالَ هَذَا لِعَبْدِى وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ  

Dari Abu Huroiroh dari nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : Alloh Ta’ala berfirman : Aku membagi sholat antara diriKu dan hambaKu menjadi dua bagian dan bagi hambaKu apa yang ia minta. Bila seorang hamba berkata “ Alhamdulillaahi robbil ’alamin “ Alloh Ta’ala berfirman “ HambaKu memujiKu “. Bila ia berkata “ Arrohmaanirrohiim “ Alloh Ta’ala berfirman “ HambaKu menyanjungKu “. Bila ia berkata “ Maliki yaumiddiin “ Alloh Ta’ala berfirman “ HambaKu mengagungkanKu “. Bila ia berkata “ Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin “ Alloh Ta’ala berfirman “ Ini adalah antara diriKu dan hambaKu dan bagi hambaKu apa yang ia minta “ Bila ia berkata “ Ihdinash shirothol mustaqiim shirotholladziina an’amta ‘alaihim ghoiril maghdluubi ‘alaihim waladl dloolliin. Alloh berfirman “ Ini antara diriKu dan hambaKu dan bagi hambaKu apa yang ia minta [HR Muslim, Ahmad, Nasa’i, Abu Daud, Ibnu Majah dan Tirmidzi]