Meletakkan Tangan Di Pinggang



Kedudukan Tangan Dalam Sholat (5)

Perbuatan ini dilarang karena salah satu ruh dalam sholat adalah sikap tawadlu seorang hamba di hadapan Alloh. Untuk itulah rosululloh shollallohu alaihi wasallam melarangnya :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ نَهَى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنْ يُصَلِّيَ اَلرَّجُلُ مُخْتَصِرًا  وَمَعْنَاهُ أَنْ يَجْعَلَ يَدَهُ عَلَى خَاصِرَتِهِ 

Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata : Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melarang alkhosru [HR Bukhori, Muslim, Ahmad, Abu Daud, Nasa’i, Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah] Artinya : Orang itu meletakkan tangannya pada pinggangnya.

Ibnu Bathol menyitir perkataan Mulhib :

إنما كره الخصر فى الصلاة، لأنه يشبه المختالين، والخصر أن يضع الرجل يديه على خاصرتيه، وفيه معنى الكبرياء، فلا يحل القليل منه، فكيف فى الصلاة التى هى موضوعة للخشوع، والخيلاءُ والكبرُ ينافيان الخشوع، وكرهه ابن عباس، وعائشة، والنخعى، وهو قول مالك، والأوزاعى، والكوفيين.

Dibencinya alkhosru karena perbuatan itu meniru sikap orang-orang yang angkuh. Alkhosru adalah seorang meletakkan tangan di pinggang. Di dalamnya terkandung kesombongan. Tidak dihalalkan perbuatan sombong meski sedikit lalu bagaimana bila itu dilakukan saat sholat, padahal sholat adalah tempat khusyu. Angkuh dan sombong adalah menafikan kekhusyuan. Ibnu Abbas, Aisyah dan Annakho’i membencinya. Ini adalah perkataan Malik, Auza’i dan ulama-ulama Kufah.

Maroji’ :

Syarh Ibnu Bathol 5/277