Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam Tertawa Setelah Turunnya Ayat Yang Membela Kesucian Aisyah



Tertawa Dalam Timbangan Aqidah Dan Fiqih (30)

Peristiwa haditsul ifki adalah bagian dari kepiawaian dan kelicikan Abdullah Bin Ubay meracik fitnah di tengah-tengah kaum muslimin. Sungguh luar biasa, ia bisa merancang skenario seolah Aisyah telah melakukan fahisyah dengan Sufyan Bin Mu’athol.

Tiga sahabat termakan isu ini. Mereka adalah Misthoh, Hamnah Binti Jahsyi dan Hasan Bin Tsabit. Ketiganya akhirnya menerima hukuman dera sebanyak 80 kali. Di lain pihak, rosululloh shollallohu alaihi wasallam berhari-hari tidak bertegur sapa dengan Aisyah hingga membuat Aisyah berpindah tempat tinggal ke rumah ayahandanya.

Akhirnya wahyu turun memberi pembelaan bagi Aisyah. Ia bersih dari semua tuduhan palsu itu. Kondisi turunnya wahyu diceritakan oleh Aisyah :

حَتَّى إِنَّهُ لَيَتَحَدَّرُ مِنْهُ مِثْلُ الْجُمَانِ مِنَ الْعَرَقِ فِى الْيَوْمِ الشَّاتِى مِنْ ثِقَلِ الْقَوْلِ الَّذِى أُنْزِلَ عَلَيْهِ. قَالَتْ فَلَمَّا سُرِّىَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ يَضْحَكُ فَكَانَ أَوَّلُ كَلِمَةٍ تَكَلَّمَ بِهَا أَنْ قَالَ أَبْشِرِى يَا عَائِشَةُ أَمَّا اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَقَدْ بَرَّأَكِ. فَقَالَتْ لِى أُمِّى قُومِى إِلَيْهِ. فَقُلْتُ وَاللَّهِ لاَ أَقُومُ إِلَيْهِ وَلاَ أَحْمَدُ إِلاَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ هُوَ الَّذِى أَنْزَلَ بَرَاءَتِى

Hingga mengalir keringat beliau seperti butiran mutiara pada musim dingin karena beratnya wahyu yang turun. Ketika sudah berhenti wahyu itu pada rosululloh shollallohu alaihi wasallam, beliau tertawa. Kalimat pertama yang beliau ucapkan tentang itu adalah : Bergembiralah wahai Aisyah, Alloh Azza Wajallah telah membersihkan dirimu (dari tuduhan). Aisyah berkata : Ibuku, bangkitlah untuk menemui beliau. Demi Alloh aku tidak akan berdiri menyambut beliau dan aku tidak akan memuji selain Alloh Azza Wajalla. Dialah yang telah menurunkan ayat yang membersihkan diriku dari tuduhan [HR Bukhori, Muslim dan Ahmad]