Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam Tertawa Kepada Anas



Tertawa Dalam Timbangan Aqidah Dan Fiqih (29)

Meski masih kanak-kanak, Anas Bin Malik sudah berkhidmat bagi rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Suatu hari beliau memerintahnya pergi untuk suatu tugas. Namanya juga anak-anak, Anas lupa dengan titah nabi shollallohu alaihi wasallam. Ia justru bermain dengan teman-teman sebayanya. Tanpa diduga, dari belakang beliau memegang lehernya. Anas melihat beliau tertawa kepadanya seraya bersabda :

يَا أُنَيْسُ أَذَهَبْتَ حَيْثُ أَمَرْتُكَ

Wahai Unais, apakah engkau sudah pergi sebagaimana yang telah aku perintahkan ?

Anas berkata :

نَعَمْ أَنَا أَذْهَبُ يَا رَسُولَ اللَّهِ

Baik, aku berangkat sekarang wahai rosululloh

Secara lengkap riwayat di atas adalah :

قَالَ إِسْحَاقُ قَالَ أَنَسٌ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ أَحْسَنِ النَّاسِ خُلُقًا فَأَرْسَلَنِى يَوْمًا لِحَاجَةٍ فَقُلْتُ وَاللَّهِ لاَ أَذْهَبُ. وَفِى نَفْسِى أَنْ أَذْهَبَ لِمَا أَمَرَنِى بِهِ نَبِىُّ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَخَرَجْتُ حَتَّى أَمُرَّ عَلَى صِبْيَانٍ وَهُمْ يَلْعَبُونَ فِى السُّوقِ فَإِذَا رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَدْ قَبَضَ بِقَفَاىَ مِنْ وَرَائِى قَالَ فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ وَهُوَ يَضْحَكُ فَقَالَ يَا أُنَيْسُ أَذَهَبْتَ حَيْثُ أَمَرْتُكَ  قَالَ قُلْتُ نَعَمْ أَنَا أَذْهَبُ يَا رَسُولَ اللَّهِ

Ishaq berkata : Anas berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam adalah manusia yang paling bagus akhlaqnya. Pada suatu hari beliau mengutusku untuk suatu keperluan. Aku berkata : Demi Alloh aku tidak akan pergi. Dalam hati aku berkata : Aku akan pergi sebagaimana nabiyulloh memerintahku. Aku keluar hingga melewati anak-anak yang sedang bermain di pasar. Tiba-tiba rosululloh shollallohu alaihi wasallam memegang tengkukku dari belakang. Aku melihat ke arahnya sementara beliau tertawa seraya bersabda : Wahai Unais, apakah engkau sudah pergi sebagaimana yang telah aku perintahkan ? Anas berkata : Baik, aku berangkat sekarang wahai rosululloh [HR Muslim]