Orang Yang Paling Alim Terhadap Quran Dan Sunnah Paling Berhak Menjadi Imam

Imam Sholat (3)
Usia dan terdahulu dalam keislaman bukan faktor utama dalam kriteria seorang berhak menjadi imam. Ilmu terhadap quran dan sunnah diutamakan oleh rosululloh shollallohu alaihi wasallam :
عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم  يَؤُمُّ اَلْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اَللَّهِ, فَإِنْ كَانُوا فِي اَلْقِرَاءَةِ سَوَاءً فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ, فَإِنْ كَانُوا فِي اَلسُّنَّةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً, فَإِنْ كَانُوا فِي اَلْهِجْرَةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ سِلْمًا وَفِي رِوَايَةٍ: سِنًّا وَلَا يَؤُمَّنَّ اَلرَّجُلُ اَلرَّجُلَ فِي سُلْطَانِهِ, وَلَا يَقْعُدْ فِي بَيْتِهِ عَلَى تَكْرِمَتِهِ إِلَّا بِإِذْنِهِ
Dari Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda : Yang mengimami kaum adalah orang yang paling pandai membaca al-Qur'an di antara mereka. Jika dalam bacaan mereka sama, maka yang paling banyak mengetahui tentang Sunnah di antara mereka. Jika dalam Sunnah mereka sama, maka yang paling dahulu berhijrah di antara mereka. Jika dalam hijrah mereka sama, maka yang paling dahulu masuk Islam di antara mereka. Dalam suatu riwayat : Yang paling tua. Dan Janganlah seseorang mengimami orang lain di tempat kekuasaannya dan janganlah ia duduk di rumahnya di tempat kehormatannya kecuali dengan seidzinnya. [HR Muslim]
Apa makna orang yang paling pandai membaca al-Qur'an pada hadits di atas ? Imam Shon’ani menyebut dua tafsir, yang pertama adalah yang paling banyak hafalannya terhadap quran dan yang kedua adalah yang paling paham terhadap isinya.
Bila ada dua orang yang memiliki keistimewaan berbeda terhadap alquran dimana orang pertama lebih banyak hafalannya, sedangkan orang kedua lebih mendalam pemahamannya maka orang kedua didahulukan dari orang pertama. Kenapa ? Karena di dalam sholat terdapat banyak hukum yang tidak bisa dipecahkan kecuali dengan ilmu.
Maroji’ :
Subulussalam, Imam Shon’ani 2/331