Membaca Sirr Untuk Dzuhur Dan Ashar


Kaedah Membaca Surat Setelah Alfatihah (1)
Membacanya secara Sirr pada sholat dzuhur dan ashar adalah sholat sesuai sunnah rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Dalilnya adalah :
عَنْ أَبِى مَعْمَرٍ قَالَ قُلْنَا لِخَبَّابٍ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ قَالَ نَعَمْ . قُلْنَا بِمَ كُنْتُمْ تَعْرِفُونَ ذَاكَ قَالَ بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ
Dari Ma’mar berkata : Kami  berkata kepada Khobbab : Apakah rosululloh shollallohu alaihi wasallam membaca surat pada sholat dzuhur dan ashar ? Ia menjawab : Benar ! Kami berkata : Dengan apa kalian mengetahui hal itu ? Ia menjawab : Dengan gerakan jenggotnya [HR Bukhori, Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah]
Hadits ini menunjukkan bahwa sholat dzuhur dan ashar adalah sholat sirr. Meskipun para sahabat tidak mendengar suara rosululloh shollallohu alaihi wasallam saat beliau berdiri, mereka yakin bahwa alfatihah dan surat tetap dibaca. Darimana mereka tahu hal itu ? Dari getaran jenggot rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Dalam syarh Ibnu Bathol disebutkan :
أنهم كانوا يعرفون قراءة رسول الله فيما أسر فيه باضطراب لحيته
Mereka mengetahui bacaan rosululloh shollallohu alaihi wasallam saat mensirrkan bacaan dari getaran jenggot beliau
Kendati bacaan bersifat sirr pada kedua sholat ini, terkadang nabi shollallohu alaihi wasallam mengeraskan beberapa ayat yang beliau baca sebagaimana kesaksian dari Abu Qotadah :
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه قَالَ : كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي بِنَا , فَيَقْرَأُ فِي اَلظُّهْرِ وَالْعَصْرِ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ اَلْأُولَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ اَلْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ , وَيُسْمِعُنَا اَلْآيَةَ أَحْيَانًا , وَيُطَوِّلُ اَلرَّكْعَةَ اَلْأُولَى , وَيَقْرَأُ فِي اَلْأُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ اَلْكِتَابِ
Abu Qotadah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam selalu sholat bersama kami pada dua rakaat pertama dalam sholat Dhuhur dan Ashar beliau membaca al-Fatihah dan dua surat dan kadangkala memperdengarkan kepada kami bacaan ayatnya beliau memperpanjang rakaat pertama dan hanya membaca al-fatihah dalam dua rakaat terakhir [muttafaq alaih]
Kalimat “ dan kadangkala memperdengarkan kepada kami bacaan ayatnya “ menjadi bukti bahwa sholat dzuhur dan ashar, sejatinya ditunaikan dengan sirr. Kenapa beliau memperdengarkan sebagian ayatnya ? Imam Shon’ani berkata :
وَكَأَنَّهُ مِنْ هُنَا عَلِمُوا مِقْدَارَ قِرَاءَتِهِ
Seolah dari sini agar mereka mengetahui kadar bacaan beliau
Maroji’ :
Subulussalam, Imam Shon’ani 2/114
Syarh Ibnu Bathol 3/482