Kaedah Membaca Surat Setelah
Alfatihah (1)
Membacanya secara Sirr pada sholat dzuhur dan ashar adalah
sholat sesuai sunnah rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Dalilnya adalah :
عَنْ أَبِى مَعْمَرٍ قَالَ قُلْنَا
لِخَبَّابٍ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ
وَالْعَصْرِ قَالَ نَعَمْ . قُلْنَا بِمَ كُنْتُمْ تَعْرِفُونَ ذَاكَ قَالَ
بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ
Dari
Ma’mar berkata : Kami berkata kepada
Khobbab : Apakah rosululloh shollallohu alaihi wasallam membaca surat pada
sholat dzuhur dan ashar ? Ia menjawab : Benar ! Kami berkata : Dengan apa
kalian mengetahui hal itu ? Ia menjawab : Dengan gerakan jenggotnya [HR
Bukhori, Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah]
Hadits
ini menunjukkan bahwa sholat dzuhur dan ashar adalah sholat sirr. Meskipun para
sahabat tidak mendengar suara rosululloh shollallohu alaihi wasallam saat
beliau berdiri, mereka yakin bahwa alfatihah dan surat tetap dibaca. Darimana
mereka tahu hal itu ? Dari getaran jenggot rosululloh shollallohu alaihi
wasallam. Dalam syarh Ibnu Bathol disebutkan :
أنهم كانوا يعرفون قراءة رسول الله فيما أسر فيه
باضطراب لحيته
Mereka
mengetahui bacaan rosululloh shollallohu alaihi wasallam saat mensirrkan bacaan
dari getaran jenggot beliau
Kendati
bacaan bersifat sirr pada kedua sholat ini, terkadang nabi shollallohu alaihi
wasallam mengeraskan beberapa ayat yang beliau baca sebagaimana kesaksian dari
Abu Qotadah :
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه
قَالَ : كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي بِنَا , فَيَقْرَأُ
فِي اَلظُّهْرِ وَالْعَصْرِ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ اَلْأُولَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ
اَلْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ , وَيُسْمِعُنَا اَلْآيَةَ أَحْيَانًا , وَيُطَوِّلُ
اَلرَّكْعَةَ اَلْأُولَى , وَيَقْرَأُ فِي اَلْأُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ اَلْكِتَابِ
Abu
Qotadah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
selalu sholat bersama kami pada dua rakaat pertama dalam sholat Dhuhur dan
Ashar beliau membaca al-Fatihah dan dua surat dan kadangkala memperdengarkan
kepada kami bacaan ayatnya beliau memperpanjang rakaat pertama dan hanya
membaca al-fatihah dalam dua rakaat terakhir [muttafaq alaih]
Kalimat
“ dan kadangkala memperdengarkan kepada kami bacaan ayatnya “ menjadi
bukti bahwa sholat dzuhur dan ashar, sejatinya ditunaikan dengan sirr. Kenapa
beliau memperdengarkan sebagian ayatnya ? Imam Shon’ani berkata :
وَكَأَنَّهُ مِنْ هُنَا عَلِمُوا مِقْدَارَ
قِرَاءَتِهِ
Seolah
dari sini agar mereka mengetahui kadar bacaan beliau
Maroji’
:
Subulussalam,
Imam Shon’ani 2/114
Syarh
Ibnu Bathol 3/482