Orang Yang Pertama Kali Masuk Aljannah

 

Orang Yang Pertama Kali Masuk Aljannah

Keistimewaan Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam Yang Tidak Dimiliki Rosul-Rosul Lain (19)

Ini sesuai dengan status rosululloh shollallohu alaihi wasallam sebagai sayyidu waladi Adam atau sayyidunnas. Dengan kecepatan satu kedipan mata, beliau sudah selesai melampaui ash shiroth.

Di depan pintu aljannah beliau berdiri dan mengetuknya. Malaikat penjaga bertanya “ Siapa anda ? “ Beliau menjawab : Muhammad. Malaikat berkata : Karena engkau, aku diperintah untuk tidak membuka pintu untuk siapapun sebelummu.

Secara lengkap, redaksi hadits tentang hal ini adalah :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم آتِى بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتَفْتِحُ فَيَقُولُ الْخَازِنُ مَنْ أَنْتَ فَأَقُولُ مُحَمَّدٌ. فَيَقُولُ بِكَ أُمِرْتُ لاَ أَفْتَحُ لأَحَدٍ قَبْلَكَ  

Dari Anas Bin Malik berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Aku akan mendatangi pintu aljannah pada hari kiamat lalu aku minta dibukakan. Penjaga pintu berkata : Siapa engkau ? Aku menjawab : Muhammad. Penjaga berkata : Karena engkau, aku diperintah untuk tidak membuka pintu untuk siapapun sebelummu [HR Muslim]