Memohon Perlindungan Alloh Dari Buruknya Kematian

 

Kapan Kita Membaca A’udzu (39)

Kematian akibat kecelakaan, tentu tidak diinginkan. Alangkah indahnya bila kita dalam keadaan sehat wal afiat lalu menunaikan sholat, dalam keadaan sujud ajal menjemput. Sungguh kematian yang indah. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam sering membaca suatu doa yang berisi meminta perlindungan dari kecelakaan dan kematian yang buruk :

عَنْ أَبِى الْيَسَرِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَدْعُو اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَدْمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّى وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ وَالْحَرَقِ وَالْهَرَمِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِى الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِى سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا  

Dari Abu Yasar : Bahwasanya rosululloh shollallohu alaihi wasallam berdoa : Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari tertimpa reruntuhan. Aku berlindung kepadaMu jatuh dari ketinggian. Aku berlindung kepadaMu dari tenggelam, terbakar dan kepikunan. Aku berlindung kepadaMu dari gangguan setan saat kematian. Aku berlindung kepadaMu dari mati di jalanMu dalam keadaan melarikan diri. Dan aku berlindung kepadaMu dari kematian karena sengatan kalajengkinh [HR Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i]